Analisis Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Hati Suhita Karya Archie Hekagery serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Amelya Widya Putri, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Pendidikan karakter merupakan tahap pengajaran untuk peserta didik guna menjadi pribadi berkarakter dalam lingkup rasa, karsa, raga, pikir dan hati. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk menganalisis nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Hati Suhita karya Archie Hekagery, (2) untuk mengetahui hubungan film Hati Suhita karya Archie Hekagery dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan teknik catat dan teknik simak. Teknik simak digunakan peneliti untuk menyimak rekaman video film Hati Suhita sedangkan teknik catat digunakan peneliti untuk menandai bagian dialog tokoh dalam film yang mengandung nilai- nilai pendidikan karakter. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Hati Suhita karya Archie Hekgery 82 data. Nilai- nilai pendidikan karakter tersebut meliputi religius (6) data, jujur (11) data, toleransi (4) data, disiplin (1) data, kerja keras (3) data, kreatif (7) data, rasa ingin tahu (14) data, menghargai prestasi (11) data, bersahabat komunikatif (1) data, cinta damai (2) data, gemar memaca (1) data, peduli lingkungan (1) data, peduli sosial (16) data, tanggung jawab (4) data. (2) Hubungan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA terdapat dalam KD. 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
Kata kunci— Nilai Pendidikan Karakter, Film, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract— Character education is a teaching stage for students to form individual with character in the scope of feeling, intention, body, mind and heard. The research aims (1) to describe the values of character education contained in the film Hati Suhita by archie Hekagery, (2) to determine the relationship between the film hati Suhita by archie Hekagery and Indonesian language learning in high school. The research method is descriptive qualitative. Data collection note- talking and listening techniques. The research used the listening technique to listen to the video recording of the film Hati Suhita, while note-talking technique was used by theresearch mark the dialogue parts of the character in the film whivh contain character education values. The results of this research are (1) the character education values contained in the film Hati Suhita by Archie Hekagery contain 90 data including religious (9) data, honest (11) data, tolerant (4) data, diciplined (1) data, hard working (5) data, creative (7) data, curious (15) data, appreciative of achievement (12) data, frienly/communicative (1) data, peace-loving (2) data, like reading (2), environment care (1) data, social care (16) data, and responsibility(5) data. (2) Relationship with Indonesian language learning in high school found in KD. 3.19. analyzing the content and language of dramas read or watched.
Keywords— The value of character education, Film, Learning Indonesian

Keywords


The value of character education, Film, Learning Indonesian

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., Setiawan, J. 2018 Metodologi penelitian kualitatif , Sukabumi, Indonesia: CV Jejak.

Alfathoni. M. A. M. A. & Manesah., D., (2020) Pengantar Teori Film. Yogyakarta: Penerbit Deepublish: Grup Penerbitan CV Budi Utama

Ashifana., Z., (2019). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Bilal: A New Breed Of Hero. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16827

Efendi, R., & Ningsih, A., R., (2022) Pendidkan Karakter di Sekolah. Pasuruan: Penerbit Qiara Media

Emawati, (2018). Pendekatan Sastra (Beorientasi Pada Teks, Pengarang, Pembaca dan Konteks). Yogyakarta: Garudhawaca.

Hawa, M., (2014). Novel Sepatu Dahlan Karya Krisna Pabichara Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan. Jurnal Pendidikan Edutama. 2(1) 14-24. Doi: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v1i2.8

Komariah, K,S. (2011) Model pendidikan nilai moral bagi para remaja menurut prespektif islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. 9(1). 45-54. http://jurnal.upi.edu/file/04_MODEL_PENDIDIKAN_NILAI_MORAL-KOKOM.PDF

Mulyana, (2006). Drama. Bandung: Tarsito.

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Bandung: Penerbit Nusa Media

Oktavianus, H., (2015) Penerimaan penonton terhadap praktek eksorsis di dalam film Conjuring. Jurnal E-Komunikasi, 3(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4942

Pratama., O., (2019). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “ Sepatu Dahlan” Karya Khrisna Pabichara. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1375-1383. Doi: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.vi6.7901

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021) Nilai- nilai pendidikan karakter film animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1252-1256. Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Saleh, S. (2017) Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Setiyono, J., (2015). Kajian Feminisme Dalam Cerpen Lelaki Ke- 1000 Di Ranjangku Karya Emha Ainun Najib. Jurnal Pendidikan Edutama, 2(1),14-20. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v2i1.14

Sukatin, & Al-Faruq, M, S. (2021) Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Deepublish: Grup Penerbitan CV Budi Utama

Widiyarto, S., & Sartono, L, N. (2020) Analisis nilai pendidikan karakter dan moral film koala kumal. Pena Kratif: Jurnal Pendidikan, 9(2). 50-53. Doi: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v9i2.2328

Zubaedi., (2015). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana: Prenadamedia. Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.