Analisis Aspek Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kresek Hitam Karya Honey Dee

Zahra Nahima Kumala Dewi, Abdul Ghoni Asror, Okhta Ika Rahmawati

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan aspek kepribadian tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Kresek Hitam karya Honey Dee. Penelitian ini berusaaha mendeskripsikan data secara sistematis, terperinci, dan mendalam. Kehadiran peneliti sangatlah berperan penting, karena peneliti bertindak sebagai instrument penelitian sekaligus pengumpul data. Objek dalam penelitian ini yaitu novel Kresek Hitam yang dipilih sebagai sumber data dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik baca dan catat. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan 5 aspek kepribadian tokoh utama yaitu (kebutuhan fisiologis) terdiri dari kebutuhan makanan dan minuman 4 data, kebutuhan istirahat 1 data kebutuhan seksual 1 data, kebutuhan tempat tinggal 2 data, (kebutuhan akan rasa aman) terdiri dari perlindungan 3 data, perlindungan kriminalitas 2 data, bahaya yang mengancam 1 data, aman dari bencana alam 1 data, (kebutuhan akan dimiliki dan dicintai) terdiri dari kasih sayang 4 data, saling percaya 3 data, rasa cinta 2 data, (kebutuhan akan harga diri) terdiri dari harga diri 3 data, rendah 4 data, (kebutuhan aktualisasi diri 3 data. Sementara itu, nilai pendidikan karakter yaitu religius 5 data, jujur 3 data, toleransi 4 data, disiplin 1 data, kerja keras 2 data, kreatif 1 data, mandiri 2 data, demokratis 2 data, rasa ingin tau 4 data, semangat kebangsaan 2 data, cinta tanah air 1 data, menghargai prestasi 2 data, bersahabat/komunikatif 2 data, cinta damai 2 data, peduli lingkungan 2 data, peduli sosial 3 data, tanggung jawab 5 data.
Kata kunci— aspek kepribadian tokoh utama, nilai pendidikan karakter, novel



Abstract— This research aims to describe and explain aspects of the main character's personality and the value of character education in the novel Kresek Hitam by Honey Dee. This research attempts to describe the data systematically, in detail and in depth. The presence of researchers plays an important role, because researchers act as research instruments as well as data collectors. The object in this research is the novel Kresek Hitam which was chosen as the data source in this research. The method used is descriptive qualitative. The data collection technique in this research is the reading and note taking technique. Based on data analysis, researchers found 5 aspects of the main character's personality, namely (physiological needs) consisting of food and drink needs 4 data, rest needs 1 data sexual needs 1 data, shelter needs 2 data, (need for security) consisting of protection 3 data, crime protection 2 data, threatening danger 1 data, safe from natural disasters 1 data, (the need to belong and be loved) consisting of affection 4 data, mutual trust 3 data, love 2 data, (the need for self-esteem) consisting of self-esteem 3 data, low 4 data, (self-actualization needs 3 data. Meanwhile, character education values are religious 5 data, honest 3 data, tolerance 4 data, discipline 1 data, hard work 2 data, creative 1 data, independent 2 data, democratic 2 data, curiosity 4 data, national spirit 2 data, love of the homeland 1 data, respecting achievements 2 data, friendly/communicative 2 data, love of peace 2 data, environmental care 2 data, social care 3 data, responsibility 5 data.
Keywords— Aspects of the main character’s personality, the value of character education, novel

Keywords


Aspects of the main character’s personality, the value of character education, novel

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, (2015). Psikologi sastra. Unesa Press University.

Farwikiningsih, N. (2020). Teori psikologi kepribadian manusia. CV. Andi Offset.

Hikma, N. (2015). Aspek psikologis tokoh utama dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara (Kajian psikologi humanistik Abraham Maslow). Jurnal Humanika, 3(15), 1-15. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/421471.

Mahsun. (2019). Metodelogi penelitian bahasa. Rajagra Findo Persada.

Mochtar. 2013. Analisis deskriptif kualitatif. CV Alfabeta.

Moleong. J. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bumi Aksara.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Pustaka Penulis.

Siswantoro. (2010). Metode penelitian sastra. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surastina. (2018). Pengantar teori sastra. Elmatera.

Surastina. (2020). Pengantar teori sastra. Elmatera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.