Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi Belajar Siswa

Aprilian Dwi Rahmawati, Febriana Ulfatin Khoiriyah, Rizka Amalia Putri, Zumroatun Zumroatun

Abstract


pembelajaran yang memanfaatkan media dan proyek untuk menginteraksikan pengetahuan baru. Media pembelajaran berbasis proyek banyak digunakan oleh pendidik sebagai salah satu metode pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini peneliti akan membahas mengenai bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data bahan tertulis berupa dokumen, jurnal ilmiah, penelitian terdahulu dan buku yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Penelitian ini mendapati hasil berupa pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditandai dengan beberapa kajian terdahulu yang mengungkapkan hasil bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki peranan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci—Pengaruh, Pembelajaran Proyek, Motivasi belajar


Abstract—In general, project-based learning methods are learning methods that utilize media and projects to interact with new knowledge. Project-based learning media is widely used by educators as one of the learning methods in the classroom. In this study, the researcher will discuss how project-based learning affects student learning motivation. This research will use a qualitative research method with written data sources in the form of documents, scientific journals, previous research, and books related to the problems discussed. This study found that the results of project-based learning have a significant influence on student learning motivation. This is marked by several previous studies that revealed the results that project-based learning has a role in increasing student learning motivation.
Keywords—Influence, Project Learning, Learning Motivation

Keywords


Influence, Project Learning, Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Amanda, et al. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–11. pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari self efficacy siswa | . | jurnal pendidikan dan pembelajaran ipa indonesia (undiksha.ac.id)

Arimbawa, et al. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( MPBP ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Sehari- Hari Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11. pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (mpbp) terhadap kemampuan pemecahan masalah ipa siswa smp dilihat dari motivasi berprestasi | . | jurnal pendidikan dan pembelajaran ipa indonesia (undiksha.ac.id)

Hamidah, et al. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 129–142. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.37

Harahap, et al. (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Pelajaran 2016/2017. S I G M A, 3(1), 38–48. peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di kelas vii smp negeri 1 torgamba tahun pelajaran 2016/2017 | ariani | jurnal pembelajaran dan matematika sigma (jpms) (ulb.ac.id)

Jagantara, et al. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13. pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa sma | . | jurnal pendidikan dan pembelajaran ipa indonesia (undiksha.ac.id)

Jannatu, et al. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1566–1574. https://doi.org/10.15294/jipk.v9i2.4824

Pangesti, et al. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 27–32. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2753

Rika, et al. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi Belajar melalui Locus of Control sebagai Variabel Intervening. 6(3), 2049–2059. pengaruh implementasi pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar melalui locus of control sebagai variabel intervening | sari | edukatif : jurnal ilmu pendidikan

Roziqin, et al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 108. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7232

Siwa, et al. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pemebalajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 1–13. pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kimia terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gaya kognitif siswa | . | jurnal pendidikan dan pembelajaran ipa indonesia (undiksha.ac.id)

Solissa, et al. (2024). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 558. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3284

Susanti. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 3997–4007. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23266

Tobing, et al. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(2), 82. https://ojs.uph.edu/index.php/DIL/article/view/2216

Yahya. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112. pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi belajar siswa | sindoro: cendikia pendidikan (warunayama.org)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.