Pengembangan Minat Baca Masyarakat di Era Digital dengan Menggunakan Media Instagram
Abstract
Kata kunci—Era Digital, Instagram, Minat Baca, Masyarakat
Abstract—The digital age is where everyone knows technology and is connected. The purpose of this research is to find out the development of public interest in reading in the digital era by using Instagram media. The method used is literature study research, the data generated is secondary data. Listen, engage, and record techniques are used for data collection and data validation using triangulation techniques. The results of this study are 1) People can get information from Instagram, 2) Instagram makes people develop reading interests in the digital era, 3) Instagram supports people to expand their knowledge through reading interests.
Keywords— Digital Age, Instagram, Reading Interest, Society
Keywords
Full Text:
PDFReferences
rendahnya minat baca siswa kelas III di SDN Peterongan Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5356-5369. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1147.
Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan sosial dan pengaruh media sosial tentang peran instagram dalam membentuk identitas diri remaja. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-112. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.225.
Aldianto, L., Mirzanti, I. R., Sushandoyo, D., & Dewi, E. F. (2018). Pengembangan science dan technopark dalam menghadapi era industri 4.0-sebuah studi pustaka. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1) 68-76. https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Ali, S. N. (2023). Problema manusia modern. Depok: PT RajaGrafindo Persada
Ananda, M. L., Talia, J., & Bella, H. S. (2024). Dilema era digital: dampak positif dan negatif media sosial terhadap proses sosialisasi anak sekolah dasar. Journal Sains Student Research, 2(3), 310-322. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1387.
Annastasya, D. A., Muhibin, H. M., & Kuncoro, W. (2023). Pengaruh media sosial akun instagram harian bhirawa terhadap minat baca generasi Z: (mahasiswa 17 Agustus 1945 Surabaya). RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi, 3(4), 45-50. https://www.aksiologi.org/index.php/relasi/article/view/1384.
Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran pendidikan agama kristen dalam keluarga di era digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107-119. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17.
Budiana, I. (2022). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144-161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234.
Choirunnisa, I., Saputri, L. R. D., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak pasif di kalangan masyarakat dalam menghadapi era digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 79-84. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3819.
Desfiana, M. F. R., & Karsa, S. I. (2021). Hubungan penggunaan instagram simamaung dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 23-29. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.66.
Diem, D. A. R., & Yulianti, W. (2020). Pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan (studi kasus pada akun instagram@ kaosdisablon di CV. Purwa Satya). Jurnal Teknologika, 10(2), 15-20. https://doi.org/10.51132/teknologika.v10i2.77.
Fatikhaturrohmah, N., Wati, T. S., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak selektif di kalangan mahasiswa dalam menghadapi berita hoax. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 65-78. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3818.
Handayani, D. S. (2023). Maqashid syari'ah dalam ranah publik: household problems: solusi dalam pemecahan masalah rumah tangga melalui ruang publik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371-378. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634.
Hidayati, N., Hidayati, D., Saputro, Z. H., & Lestari, T. (2023). Implementasi pembelajaran projek pada sekolah penggerak di era digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 69-82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200.
Idris, Y., Thahar, H. E., & Juita, N. (2014). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui metode discovery dengan menggunakan media gambar mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia TA 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(3), 16-28. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5012/3964.
Indrasari, Y. (2020). Efesiensi saluran distribusi pemasaran kopi rakyat di desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44-50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50.
Indriani, R., & Yemmardotillah, M. (2021). Literasi digital bagi keluarga milenial dalam mendidik anak di era digital. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1-13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223.
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan karakter: tingkat anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.372.
Larayba, L., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2022). Analisis minat baca siswa pada materi IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(1), 30-37. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56548.
Liang, M., & Irawan, MD (2023). Analisis aplikasi sikar dengan metode triangulasi pengelolaan surat masuk dan keluar. Campuran Sains Jurnal Teknik, 1(4), 267–276. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i4.226.
Lim, R. P., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh pengguna instagram terhadap kesehatan mental instagramxiety pada remaja di kota salatiga. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(1), 47-66. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13757.
Maliki, B. I., Julina, J., Septiani, D. S., Ain, F., & Basrowi, B. (2022). Strategi meningkatkan minat membaca mahasiswa di beberapa universitas di banten: tinjauan manajemen pendidikan. Journal On Teacher Education, 4(1), 697-707. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.12179.
Mansyur, U. (2020). Minat baca mahasiswa: potret pengembangan budaya literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi: jurnal bahasa dan sastra indonesia serta pembelajarannya, 4(2), 135-141. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900.
Margayaningsih, D. I. (2018). Peran masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa. Publiciana, 11(1), 72-88. https://doi.org/10.36563/publiciana.v11i1.140.
Mukaddar, M. (2018). Pendidikan islam sebuah bingkai pluralitas. Semarang: Penerbit A-Empat.
Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan di era digital. in prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang. 628-637. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093.
Nuswantari, N. F., & Manik, Y. M. (2023). Membudayakan gemar membaca melalui pojok baca sekolah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 144-149. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2378.
Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami masyarakat dan perspektifnya. jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosiAL, 1(1), 163–175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253.
Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan fitur short pada youtube sebagai penunjang pembelajaran menulis puisi pada siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1666-1674. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1625.
Putra, I. P. P. B. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Determinasi motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26-34. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15. https://dx.doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.
Shinta, A., & Putri, K. Y. S. (2021). Efektivitas media sosial instagram terhadap personal branding bintang emon pada pengguna instagram. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 98-122. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.021.08.
Sinamo, J., & Herawati, J. (2023). Meningkatkan minat baca anak usia dini menggunakan buku cerita bergambar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11483-11490. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/363.
Sukma, H. H. (2021, August). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital dini. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta 1(1), 85-92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13.
Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif dan pola penggunaan media sosial instagram di kalangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 61-84. https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i1.1788.
Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian yasinan mingguan dalam membina karakter masyarakat pada masa covid-19 di perumahan lebak kinasih purwakarta. Sivitas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02.
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan etika berdigital bagi pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155-2165. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387.
Wicaksono, Y. P. (2017). Hubungan minat membaca, penguasaan kosakata, dan nilai rapor terhadap keterampilan berpidato siswa kelas Ix. Diksi, 25(1), 69-80. http://dx.doi.org/10.21831/diksi.v25i1.16182.
Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada model pembelajaran berbasis toulmin’s argumentation pattern (TAP) dalam memahami konsep fisika dengan metode library research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79-91.https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91.
Wirahyuni, K. (2017). Meningkatkan minat baca melalui permainan teka teki silang dan ‘Balsem Plang’. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12731.
Wulandari, A., & Salma, A. N. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap pemenuhkan kebutuhan informasi. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 242-246. https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4321.
Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 17-23. https://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.