Optimal Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia: Strategi Efektif untuk Pengajaran yang Lebih menyenangkan dan Produktif

Dimas Rizqia Hendinata, M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah, Martinus Seriandika Saputra, Yusril Mahendra, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik triangulasi simak, catat dan libat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang efektif harus dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, nalar tinggi, dan motivasi siswa. Guru memiliki peran penting dalam menerapkan metode pembelajaran yang optimal dengan menjadi fasilitator, memberikan stimulus materi, melakukan pendampingan, dan memberikan tugas belajar di luar kelas. ada beberapa metode pembelajaran yang optimal seperti 1.) Mendefinisikan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang optimal, 2.) Metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbahasa Indonesia pada siswa, 3.) Efektivitas sebuah metode pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dinilai dengan berbagai cara 4.) Teknologi sebagai alat untuk digunakan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, 5). Menanggulangi tantangan dalam menerapkan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, 6.) Peran khusus guru dalam menerapkan metode pembelajaran bahasa Indonesia yang optimal. Simpulan ini terdapat 6 pertanyaan yang akan dibahas oleh narasumber.
Kata kunci—Pembelajaran, Bahasa Indonesia, optimal, efektif,guru

Abstract—This study aims to examine the optimal method of learning Indonesian. The research method used is qualitative with triangulation techniques of listening, recording and involvement. The results showed that effective learning methods should be designed to improve students' creative thinking, high reasoning, and motivation. Teachers have an important role in implementing optimal learning methods by being a facilitator, providing material stimulus, providing assistance, and providing learning tasks outside the classroom. there are several optimal learning methods such as 1.) Defining optimal Indonesian language learning methods, 2.) Learning methods that are effective in improving students' understanding and skills in Indonesian language, 3.) The effectiveness of an Indonesian language learning method can be assessed in various ways 4.) Technology as a tool to be used to improve the quality of Indonesian language learning, 5). Overcoming challenges in implementing effective Indonesian language learning methods, 6.) The special role of teachers in implementing optimal Indonesian language learning methods. This conclusion has 6 questions that will be discussed by the speakers.
Keywords—Learning, Bahasa Indonesia, optimal, effective, teacher

Keywords


Learning, Bahasa Indonesia, optimal, effective, teacher

Full Text:

PDF

References


Afifah, A., Turhusna, D., Oktavia, P., & Solatun, S. (2020). Teori belajar dan pembelajaran pkn di sekolah dasar. EDISI, 2(3), 313-324.

Alfin, J. (2018). Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 60-66. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1846

Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas VII SMPN 7 Mataram dalam menyelesaikan soal garis dan sudut tahun pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79-87. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1838.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1). https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:0J-RarDojk8J:scholar.google.com/+Teknologi+sebagai+alat+untuk+digunakan+meningkatkan+kualitas+pembelajaran+Bahasa+Indonesia&hl=id&as_sdt=0,5

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10 (3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Astuti, W. (2016). Berbagai strategi pembelajaran kosakata Bahasa Arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(2). http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/196.

Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbahasa melalui model pembelajaran kreatif produktif di SMK Islam PB. Soedirman 1. Visipena, 8(2), 351-372. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.418.

Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiry yang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1). https://doi.org/10.24036/jppf.v1i1.603.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar ilmu. 25(3), 449-459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. G. R., Ganing, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia. Journal of Education Technology 3(4), 278-285. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Fadhila, A. Z. (2020). Analisis Afiksasi dalam Album “Dekade” Lagu Afgan. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 4(1), 11-18. https://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JILP/article/view/441.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Febiyandi, D., Wibawa, I. C., Arini, N. W. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berbicara. Mimbar Ilmu 25 (2), 282-294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., Hanim, S. A., & Farlina, B. F. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran online untuk memudahkan guru dalam penyampaian materi dalam pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2862-2868. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14856.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan media flash card pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa. Jurnal Primary Edu, 1(2), 235-245. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/403.

Irawati, H., & Lestari, D. G. (2020). Literature review: Peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa pada materi biologi melalui model pembelajaran guided inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2 (2), 51-59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861.

Jiwandono, N. R. (2021). Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang hakikat wacana pada mata kuliah wacana bahasa indonesia. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan 6 (2), 861-865. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i2.2090.

Khatimah, H. (2022). Pengaruh teknik pembelajaran kreatif produktif terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 54-60. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.116.

Khatimah, H. (2022). Pengaruh teknik pembelajaran kreatif produktif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 54-60. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.116.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. https://doi.org/10.36412/ce.v2i2.772.

Ninawati, M., Wahyudi, N., Rahmiati. (2020). Pengaruh model artikulasi berbantuan media benda konkret terhadap keterampilan berbicara siswa kelas rendah. Jurnal Educatio Fkip Unma 8 (3), 893-898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Patmawati, D., Rustono, R., & Halimah, M. (2018). pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308-316. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i2.7256.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272. https://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan Bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43-52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619.

Sinabariba, R. B. (2017). Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. https://doi.org/10.31227/osf.io/c672m.

Suryandaru, N. A. (2020). Penerapan multimedia dalam pembelajaran yang efektif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 88-91. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2543.

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu 24 (1), 107-118. https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185.

Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95-114. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286.

Widiyarto, S. (2028). Pengaruh metode cooperative scrift dan peran orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. Khazanah Pendidikan 11(1), 66-72. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.