Nilai Estetika yang Terkandung dalam Kumpulan Lirik Lagu Dere pada Album Rubik (Pendekatan Ekspresif)

Diyah Wijayanti, Nur Azizah Septiani, Aminah Yuliyanti, Ade Adriansyah, Ahmad Bagus Priambudi

Abstract


abstrak—Lagu-lagu yang terdapat pada album Rubik karya Dere mengandung keresahan dan ungkapan-ungkapan perasaan yang menarik untuk dikaji, dengan irik-lirik lagunya yang indah sirat makna dan menggunakan kesusastraan yang kuat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai estetika makna dalam irik lagu Dere pada album “Rubik”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang termasuk dalam jenis penelitian studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik simak, baca, dengar, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat interaktif yang terdiri tiga komponen penelitian, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Data yang digunakan ialah kutipan lirik lagu Dere yang terangkum dalam album “Rubik”. Hasil penelitian ini, nilai estetika dan makna yang terdapat dalam lirik lagu Dere pada album “Rubik”, beberapa penggunaan diksi yang menarik ditemukan dalam kutipan lagu "Kota", “Berisik”, “Tumbang”, “Jangan pergi”, dan “Keluhku.”, selain itu, penggunaan kata-kata yang memiliki makna metaforis menambah nuansa emosional dan imajinatif ke dalam lirik lagu. Data dan sumber data berupa kutipan lirik lagu Dere yang terdapat dalam album “Rubik” karya Dere yang dirilis pada tanggal 21 Juli 2022 memiliki sepuluh judul lagu diantaranya “Tanya”, “Kota”, “Kenanga”, “Rubik”, “Jangan Pergi”, “Berlagu”, “Berisik”, “Tumbang”, “Rumah”, dan “Keluku”.

Kata kunci—lirik lagu, musik, album lagu, ekspresif

 

Abstract—The songs on Dere's Rubik's album contain anxiety and expressions of feelings that are interesting to study, with beautiful song lyrics filled with meaning and using strong literature. Therefore, this study aims to analyze the aesthetic value of meaning in Dere's song Irik on the album "Rubik". This research uses a qualitative approach with descriptive methods which are included in the type of literature study. The data collection technique used is to use the technique of watching, reading, listening, and taking notes. The data analysis technique used in this research is interactive which consists of three research components, including: data reduction, data presentation, and conclusions. The data used are excerpts from Dere's song lyrics which are summarized in the "Rubik" album. The results of this study, the aesthetic value and meaning contained in the lyrics of Dere's song on the album "Rubik", some interesting uses of diction are found in the excerpts of the songs "Kota", "Berisik", besides that, the use of words that have metaphorical meanings adds to the emotional and imaginative nuances into song lyrics. Data and data sources are excerpts from Dere's song lyrics contained in the album "Rubik" by Dere which was released on July 21, 2022 and has ten song titles including "Tanya", "Kota", "Kenanga", "Rubik", "Don't Go", "Singing", "Noisy", "Collading", "House", and "Keluku".

Keywords—song lyrics, music, album songs, expressive


Keywords


song lyrics, music, album songs, expressive

Full Text:

PDF

References


Semi, Atar. (2013). Kritik Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Sugiarto, Sri. (2010). Pendekatan Ekspresif Dalam Apresiasi Sastra. Pelajar Bahasa. http://ssgpelajarbahasa.blogspot.com/2011/11/pendekatan-ekspresif.html?m=1

Yudiono.2016. Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Jakarta. Grasindo

Yusniar Tri Langgeng Rendy, Mujiyanto Yant, Hastuti Sri. 2019, Analisis Stilistika Pada Lirik Lagu Sheila on 7 Dalam Album Menentukan Arah Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di Smp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.