Analisis Tindak Tutur Direktif Pada Novel Renjana Karya El Alicia dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Fitri Alfiana, Masnuatul Hawa, Moh. Fuadul Matin

Abstract


abstrak—Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif yang berfungsi mendorong mitra tutur untuk mengikuti atau melakukan tindakan yang di inginkan penutur melalui tuturan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu berguna untuk memberi tahukan, mengkategorikan serta menjabarkan tindak tutur direktif pada studi Pragmatik berupa, permintaan, pernyataan, perintah, larangan, menyetujui dan nasihat, yang tercantum dalam novel Renjana karya El Alicia. Selanjutnya, jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode catat. Pengambilan data berasal dari dialog antar tokoh. Objek penelitian ini ialah Novel Renjana karya El Alicia yang sudah diterbitkan pada tahun 2021, yang memiliki 336 halaman. Dengan adanya penelitian ini pembaca diharapkan mampu memahami maksud tuturan melalui tindakan penutur dalam novel Renjana dan dapat mengetahui relevansinya sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam keterampilan menyimak dan menulis siswa kelas XII SMA.

Kata kunci—Direktif, Novel, Pragmatik

 

 

 

Abstract—The problem discussed in this study was a directive speech act that stimuled the speaker’s opponent to follow or perfom the actions the speaker wanted with language. The purpose of the study was to inform, categorize and describe the superior speech of the pragmatic study of request, questions, orders, prohibitions, permissions and advice contained in Renjana de El Alicia’s novel. furthermore, this type of research is a qualitative form of descriptive research. The data collection methods and technique used in this study are observation methods and recording techniques. Data collection comes from intercharacter dialog. The subject of this study is 336-page novel Renjana by El Alicia which will be published in 2021. With the help of the research the meaning of language through the actions of speakers in a novel by Renjana and learn the importance of Indonesia language learning, especially in relation to listening and writing skills in SMA 12 students.

Keywords—Directive, Novel, Pragmatic


Keywords


Directive, Novel, Pragmatic

Full Text:

PDF

References


Alicia,El. (2021). Renjana. Jakarta: Kata Depan.

Alimin, A. A., & Sulastri, S. (2018). Nilai keberanian dalam novel negeri di ujung tanduk karya tere liye. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 1-5.

Arifiany, N., Ratna, M., & Trahutami, S. (2016). Pemaknaan Tindak Tutur Direktif dalam komik “Yowamushi Pedal Chapter 87-93”. Japanese Literature, 2(1), 1-2.

Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 200-208.

Devianty, Rina. "Bahasa sebagai cermin kebudayaan." Jurnal tarbiyah 24.2 (2017). Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Garudhawaca

JERI, E. (2022). Tindak Tutur Direktif dalam Novel Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma (Kajian Pragmatik) (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Khasanah, Z., Sukirno, S., & Santoso, S.D. (2018). ANALISIS NILAI RELIGIUS PADA NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE INKUIRI DI KELAS XI SMA. SURYA BAHTERA, 6(56)

Pratama, A. N. (2021). EMOSIONALITAS TOKOH DALAM NOVEL NEGERI PARA BEDEBAH KARYA TERE LIYE (Doctoral dissertation, UMPRI).

Prayitno, H., J, (2017). Studi Sosiopragmatik. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sudigdo, A. (2014). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Tumbuh di Tengah Badai Karya Herniwatty Moechiam. Jurnal Bahastra, 32(1), 1-14.

Wijayanti, N. M., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis tindak tutur direktif pada novel orang-orang biasa karya andrea hirata dan relevansinya sebagai pembelajaran bahasa indonesia di sma. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(1).

Yanti, B. (2019). A. PENGERTIAN PRAGMATIK. STUDI NASKAH BAHASA ARAB, 35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.