Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTSN Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023

Bahy Azzah Farraz Insyiroh, Masnuatul Hawa, Moh. Fuadul Matin

Abstract


abstrak— Bahasa merupakan sistem komunikasi paling efektif untuk mengungkapkan pemikiran, baik secara lisan maupun tulisan, ide, penemuan, pendapat, inspirasi, maupun, perasaan.Sosiolinguistik merupakan cabang linguistik yang megkaji hubungan antara bahasa dan masyrakat penuturnya Dalam ilmu sosiolinguistik juga terdapat alih kode dan campur kode, penggunaan alih kode dan campur kode penting diperhatikan dalam kegiatan pendidikan, khususnya saat interaksi pembelajaran.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode mengarahkan penelitian berdasarkan atas kesesuaian dengan objek yang akan diteliti.Berdasarkan objek yang akan diteliti, metode yang digunakan untuk menganalisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi pembelajaran di MTsN Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu yaitu menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan pemanfaatan dokumen. Penelitian yang memanfaatkan wawancara terbuka memahami dan menelaah sikap perilakuSeorang guru bahasa Indonesia yang mengetahui variasi bahasa siswa dapat meminimalkan terjadinya alih kode dan campur kode dalam tuturan formal siswa, sehingga kerancauan kalimat siswa dapat diatasi, dengan siswa mengetahui kapan dan bagaimana penerapan dalam pengguanaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat digunakan oleh siswa.Bentuk alih kode dan campur kode terjadi pada percakapan siswa dan guru di MTsN Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Kabupaten Bojonegoro.Hubungan alih kode dan campur kode pada percakapan siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsN Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu Kabupaten Bojonegoroadalah sebagai pengetahuan guru dalam variasi bahasa siswa yang beragam guna dapat meminimalkan keragaman bahasa dalam tuturan siswa.

Kata kunci— Hubungan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia di mts

 

 

Abstract— Language is the most effective communication system for expressing thoughts, both orally and in writing, ideas, inventions, opinions, inspirations, and feelings. This research uses qualitative research with the method of directing research based on suitability with the object to be studied. variations in student language can minimize the occurrence of code switching and code mixing in students' formal speech, so that students' sentence confusion can be overcome, with students knowing when and how to apply good and correct Indonesian language usage by students. The relationship between code switching and code mixing in the conversation between students and teachers in learning Indonesian at MTsN Salafiyah Syafi'iyah Sukosewu, Bojonegoro Regency, is the teacher's knowledge of the various student language variations in order to minimize the diversity of languages in student speech.

Keywords— The relationship between code switching and code mixing in learning Indonesian at mts


Keywords


The relationship between code switching and code mixing in learning Indonesian at mts

Full Text:

PDF

References


Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.