Analisis Urgensi Pemahaman Fonologi bagi Dokter sebagai Bentuk Patient Safety dengan Gangguan Bicara

Bintang Puspita Sari, Erly Nur Firdaus, Henriska Nitra Amelia, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Fonologi yaitu cabang ilmu linguistik yang membahas tentang seluk-beluk bunyi pada bahasa. Tujuan pada penelitian ini sebagai bentuk kajian analisis untuk mengetahui urgensi dari pemahaman fonologi bagi dokter dalam upaya patient safety dengan gangguan bicara. Metode dalam aplikasi penelitian ini berupa metode kualitatif, jenis data sekunder, dan teknik validasi triangulasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman fonologi bagi dokter sebagai bentuk patient safety dengan gangguan bicara memiliki peran penting seperti: 1) Memperlancar serta memudahkan komunikasi antara dokter dengan pasien sebagai bentuk patient safety dengan gangguan bicara 2) Memudahkan dokter saat mendiagnosis jenis gangguan bicara pada pasien sebagai upaya patient safety dengan gangguan bicara 3) Membantu dokter dalam menyelamatkan pasien melalui pengobatan sebagai bentuk patient safety dengan gangguan bicara 4) Membantu dokter dalam upaya intervensi awal pada pasien sebagai patient safety dengan gangguan bicara 5) Mempermudah dokter dalam menentukan penggunaan teknologi yang tepat sebagai upaya patient safety dengan gangguan bicara. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat 5 analisis urgensi pemahaman fonologi bagi dokter sebagai bentuk patient safety dengan gangguan bicara.
Kata kunci—Gangguan bicara, patient safety, dokter, fonologi

Abstract— Phonology is a branch of linguistics that discusses the intricacies of sounds in language. The purpose of this research is as a form of analytical study to determine the urgency of understanding phonology for doctors in patient safety efforts with speech disorders. The method in this research application is a qualitative method, secondary data type, and triangulation validation technique. The results of this study indicate that understanding phonology for doctors as a form of patient safety with speech disorders has an important role such as: 1) Facilitate and facilitate communication between doctors and patients as a form of patient safety with speech disorders 2) Facilitate doctors when diagnosing the type of speech disorder in patients as a patient safety effort with speech disorders 3) Assist doctors in saving patients through treatment as a form of patient safety with speech disorders 4) Assist doctors in early intervention efforts in patients as patient safety with speech disorders 5) Facilitate doctors in determining the use of appropriate technology as a patient safety effort with speech disorders. The conclusion that can be drawn from this study is that there are 5 urgency analyses of understanding phonology for doctors as a form of patient safety with speech disorders.
Keywords—Speech disorders, patient safety, doctors, phonology

Keywords


Speech disorders, patient safety, doctors, phonology

Full Text:

PDF

References


Abidah, F. N. (2023). Fonologi: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(1), 139-145. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4209.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Agung, R., & Marsudi, M. S. (2021). Bimbingan interaksi sosial anak kelainan bicara di Panti Sosial Bina Serumpun Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 81-99. https://doi.org/10.32923/couns.v1i1.1807.

Amrulloh, M. (2020). Fonologi bahasa Arab (Tinjauan deskriptif fonem bahasa Arab). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 1-13. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/353.

Ardiyansyah, M. (2021). Perkembangan Bahasa dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Perkembangan Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia.

Astuti, N. (2022). Komunikasi SBAR dalam Pelayanan Keperawatan. Jawa Tengah: Penerbit NEM.

Azizah, U. (2017). Keterlambatan bicara dan implikasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281-297. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v6i2.60.

Bawelle, S. C., Sinolungan, JSV., & Hamel, R. (2013). Hubungan pengetahuan dan sikap perawat dengan pelaksanaaan keselamatan pasien (patient safety) di ruang rawat inap RSUD Liun Kendage Tahuna. Jurnal Keperawatan, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2237.

Darwin, D., Anwar, M., & Munir, M. (2021). Paradigma strukturalisme bahasa: fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Jurnal ilmiah SEMANTIKA, 2(2), 28-40. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika.

Dewi, M. I. N., & Putri, R. A. (2022). Analisis gangguan bahasa gagap (Stuttering) dalam film “the King’S Speech”, pendekatan psycholinguistics. Jurnal TEDC, 16(3), 231-241. https://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/635.

Diana, S., & Tampubolon, A. E. J. (2023). Metodologi Penelitian Vokasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Edyyul, I. A., Khalida, R., Sari, Y. A. R. (2023). Studi kasus profil diagnostik terapi wicara pada klien gagap usia 27 tahun. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 6(2), 116-122. https://doi.org/10.36984/jkm.v6i2.392.

Fadhilasari, I. (2022). Gangguan berbahasa tataran fonologis pada tuturan penderita stroke iskemik: Kajian psikolinguistik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 152-165. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/indexJournal.fon@uniku.ac.id.

Fatonah, S., & Yustiawan, T. (2020). Supervisi kepala ruangan dalam menigkatkan budaya keselamatan pasien. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 151-161. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1408.

Fauzan, M. N., Rosdiana, W., Hamidin, D. (2017). Aplikasi cerdas cermat online realtime Untuk sekolah dasar. Jurnal Informatika, 14(1), 22-27. https://doi.org/10.9744/informatika.14.1.22-27.

Fitriyani, F., Sumantri, M. S., Supena, A. (2019). Perkembangan bahasa dan emosi sosial pada anak dengan keterlambatan bicara: Studi kasus anak usia 9 tahun di sekolah dasar. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 23-29. https://doi.org/10.29210/130600.

Fredlina, U. T. D. (2018). Karakteristik penderita nodul pita suara di RSUP Sanglah. Medicina, 49(3), 308-313. https://doi.org/10.15562/medicina.v49i3.370.

Gamar, N., & Djamhuri, A. (2015). Auditor internal sebagai “dokter” fraud di pemerintah daerah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 107-123. http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6009.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.

Gusmarina, A., Novialdi, N., Hardisman, H. (2017). Karakteristik pasien disfonia di poliklinik telinga hidung tenggorok–bedah kepala leher RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2010-2013. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(1), 93-99. http://dx.doi.org/10.25077/jka.v6i1.651.

Hadi, S. (2018). Konsep sabar dalam Al-Qur'an. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 1(2), 473-488. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.25.

Harapan, E., & Ahmad, S. (2022). Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ihsan, R. F., & Siagian, A. (2023). Pengaruh fonologi pada kajian fonetik dalam bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 621-635. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5596.

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia 6 tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 206-216. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026.

Jaladara, V., Jayanti, S., & Ekawati, E. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan dan praktik perawat mengenai keselamatan pasien (patient safety) di instalasi gawat darurat RS x Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 462-472. https://doi.org/10.14710/jkm.v3i1.11500.

Johan, Mhd., & Susanto, A. (2018). Gangguan bertutur pada penderita strok: Suatu kajian neurolinguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 112-121. https://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1127.

Kartika, Y., Sudiro, S., Ratna, L., & Wulan, K. (2015). Analysis on the influence of director leadership style to patient safety culture in Hermina Pandanaran hospital. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 3(2), 145-152. https://doi.org/10.14710/jmki.3.2.2015.%25p.

Kifriyani, N. A. (2020). Analisis penderita gangguan cadel pada kajian psikolinguistik. Jurnal Konfiks, 7(2), 35-43. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4485.

Komalasari, V. (2020). Tanggung jawab apoteker dalam pelayanan obat dengan resep dokter. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 1(2), 226-245. https://doi.org/10.23920/jphp.v1i2.242.

Kuncoro, B. (2017). Uji Kesesuaian sistem kromatografi cair kinerja tinggi fase terbalik pada bahan baku parasetamol. Jurnal Farmagazine, 1(2), 35-41. https://dx.doi.org/10.47653/farm.v1i2.46.

Lestari, P. S., & Setiawan, H. (2022). Gangguan mekanisme berbicara pada anak usia 4 tahun: Kajian psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9609-9614. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3945.

Liow, D., Himpong, M., Waleleng, G. (2020). Peran komunikasi antara dokter dan pasien dalam pelayanan medis di klinik reci Desa Sinisir Kecamatan Modoinding. Acta Diurna Komunikasi, 2(1), 1-14. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/27074.

Mappanganro, A., Hidayat, R., & Reski, A. (2020). Faktor yang berhubungan dengan upaya pencegahan risiko jatuh oleh perawat dalam keselamatan pasien di ruang perawatan anak Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Medika Hutama, 1(2), 63-70. https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/37.

Marsono, M. (2021). Fonologi: Bahasa Indonesia, Jawa, dan Jawa Kuno. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Masitoh. (2019). Gangguan bahasa dalam perkembangan bicara anak. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 40-54. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.105.

Matondang, C. E. H. (2019). Analisis gangguan berbicara anak cadel (kajian pada perspektif psikologi dan neurologi). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 49-59. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1138.

Mulidan, M., & Syaftriani, A. M. (2023). Peran perawat melaksanakan kolaborasi interprofesional (IPC) dalam asuhan keperawatan pada pasien Covid-19. Jurnal Keperawatan, 15(1), 321-330. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i1.627.

Muslimat, A. F., Lukman, L., Hadrawi, M. (2020). Faktor dan dampak keterlambatan berbicara (speech delay) terhadap perilaku anak studi kasus anak usia 3-5 tahun: Kajian psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122.

Ningsih, N. S., & Marlina, E. (2020). Pengetahuan penerapan keselamatan pasien (patient safety) pada petugas kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 59-71. https://dx.doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.120.

Priyantoko, P., Putri, R. N., & Hasanudin, C. (2023). Mengenal Lebih Dekat Fonologi Bahasa Indonesia. Sleman: Penerbit Deepublish.

Purba, S. R. (2020). Sistem pendukung keputusan pemilihan dokter terbaik di Dinas Kesehatan Kab. Simalungun menggunakan metode MABAC. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 9(2), 129-135. https://www.ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/pelita/article/view/2862.

Purwati, S., & Rahmawati, I. Y. (2023). Analisis gangguan berbicara dysarthria pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 242-258. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8657.

Qisti, B. W. K., Nurahmanto, D., & Rosyidi, V. A. (2018). Optimasi propilen glikol dan etanol sebagai peningkat penetrasi ibuprofen dalam sediaan gel dengan metode simplex lattice design (optimasi propylene glycol dan ethanol sebagai peningkat penetrasi ibuprofen dalam dosis gel menggunakan metode simplex lattice design. Pustaka Kesehatan, 6(1), 11-17. https://doi.org/10.19184/pk.v6i1.6611.

Rabhany, A. T., & Setiawan, H. (2023). Analisis fisiologis terhadap penderita gangguan berbicara cadel pada usia dewasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 60-65. https://doi.org/10.5281/zenodo.7803849.

Rachmawati, L., & Agustian, R. A. (2015). Peluang kejadian ototoksisitas pada penggunaan kanamisin dalam pengobatan tuberkulosis resisten obat ganda selama 1 bulan. Majalah Kedokteran Bandung, 47(4), 224-230. http://dx.doi.org/10.15395/mkb.v47n4.619.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 97-103. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562.

Rahmah, F., Kotrunnada, S. A., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Penanganan speech delay pada anak usia dini melalui terapi wicara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99-110. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/assibyan/article/view/9314.

Ramlah, S., Belluano, P. L. L., & Irawati, I. (2021). Sistem pakar penentuan komposisi skincare berdasarkan karakteristik jenis kulit menggunakan metode certified factor. Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI), 2(1), 36-42. https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/BUSITI/article/view/734.

Rizkiani, A. (2021). Metode terapi wicara untuk gangguan berbicara pada anak dan dewasa. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 14(2), 26-38. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.551.

Safitri, W., Maesaroh, U. N., Sulisetyawati, S. D., & Murhayati, A. (2023). Beban kerja perawat dengan penerapan patient safety di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(4), 1779-1790. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i4.1957.

Sapitri, N. A., Maspiroh, M., Mukhlis, N., Ulum, F., Bayhaqi, T., & Firmansyah, D. (2023). Analisis gangguan berbicara pada penyandang tunarungu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 6454-6463. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6800.

Saragih, D., & Suparmi, Y. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien yang dirawat di ruang ICU/ICCU RS Husada Jakarta. KOSALA: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1). 61-69. https://doi.org/10.37831/jik.v5i1.119.

Saragih, I., Nababan, D., Sinaga, L. R. V., Manurung, K., & Siregar, L. M. (2023). Stres kerja pada dokter umum IGD. Prepotif: Jurnal Kesehatan masyarakat, 7(2), 1590-16006. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.18195.

Sari, N. R., Syafyahya, L., & Yades, E. (2023). Makna bahasa verbal penderita skizofrenia (studi kasus Mak Wal). Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 11(2), 117-129. https://doi.org/10.31813/gramatika/11.2.2023.577.117--129.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius.

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (2015). Geriatric Otolaryngology. Uttar Pradesh: Thieme Publishers Delhi.

Senen, M. D. (2017). Kontribusi ilmu fonetik dalam studi bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 17(1), 37-58. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v17i1.2512.

Setiawan, E. (2021). Pemahaman masyarakat tentang penerapan akuntansi pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntasi 12(2), 580-590. https://doi.org/10.23887/jimat.v12i2.30643.

Sulistiyanto, A. D., Handayani, O. W. K., & Rustiana, E. R. (2017). Peran petugas gizi dalam memberikan pelayanan asuhan gizi pada pasien rawat inap. Unnes Journal of Public Health, 6(2), 75-83. https://doi.org/10.15294/ujph.v6i2.13776.

Sunanik, S. (2013). Pelaksanaan terapi wicara dan terapi sensori integrasi pada anak terlambat bicara. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 19-44. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.1.542.

Sundoro, B. T., Oktaria, D., & Dewi, S. (2020). Pola tutur penderita cadel dan penyebabnya (kajian psikolinguistik). Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 3(2), 338-349. http://orcid.org/0000-0001-6760-4456.

Susanti, R. (2013). Peran dokter sebagai saksi ahli di persidangan. Jurnal Kesehatan Andalas, 2(2), 101-104. http://dx.doi.org/10.25077/jka.v2i2.133.

Sutjiato, M. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1), 30-42. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7176.

Sutrimah, S., Setiana, L. N., Azizah, A. (2023). Fonologi Bahasa Indonesia: Suatu Tinjauan tentang Bunyi Bahasa. Sleman: Penerbit Deepublish.

Tursina, D., Hajar, S., & Inggriyani, C. G. (2017). Hubungan derajat keparahan melasma dengan kualitas hidup pada pasien melasma di praktek swasta dokter spesialis kulit dan kelamin Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Medisia, 2(3), 18-23. https://jim.usk.ac.id/FKM/article/view/7140.

Wahyuni, T., Yanis, A., & Erly, E. (2013). Hubungan komunikasi dokter–pasien terhadap kepuasan pasien berobat di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 2(3), 175-177. http://dx.doi.org/10.25077/jka.v2i3.165.

Wardani, N., Dewi, I., Anisa, N. R. (2023). Hubungan peran ibu dengan keterlambatan berbicara pada usia balita 36-59 bulan di Puskesmas Paccerakang. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(5), 18-23. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i5.955.

Wirawan, A. A., & Fitriani, F. (2023). Pengaruh voice rehabilitation pada pasien kanker laring (literature review). NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 14(4), 411-422. https://doi.org/10.36089/nu.v14i4.1789.

Yuliati, R., & Unsiah, F. (2018). Fonologi. Malang: UB Press.

Yusri, Y., & Mantasiah, R. (2020). Linguistik Mikro Kajian Internal Bahasa dan Penerapannya. Sleman: Deepublish Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.