Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Permainan Kata pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Walidatul Amiyah

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Latar belakang diadakannya penelitian  yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus pertama siswa melakukan kegiatan menulis puisi dengan menggunakan media permainan kata. Pada siklus kedua menggunakan media yang sama, yaitu media permainan kata. Tindakan pada siklus II lebih menekankan pada indikator yang peningkatannya belum optimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas yang berjumlah 23 siswa. Data mengenai kemampuan menulis puisi siswa diperoleh dari observasi proses serta tes menulis puisi untuk observasi produk. Data lain dikumpulkan dengan angket, catatan lapangan, wawancara, dan hasil kerja siswa. Validitas data menggunakan validitas demokratik, proses, dan dialogic. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan, dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis puisi sebelum dan sesudah diberi tindakan

Kata kunci— Keterampilan, Menulis Puisi, Teknik Permainan Kata.

 

Abstract— This study aims to improve students' ability to write poetry. The background of the research was the lack of students' ability to write poetry. This type of research is classroom action research which consists of two cycles. In the first cycle students carry out poetry writing activities using word play media. In the second cycle using the same media, namely word play media. Actions in cycle II put more emphasis on indicators whose improvement has not been optimal. The subject of this research is a class of 23 students. Data regarding students' poetry writing abilities were obtained from process observations and poetry writing tests for product observations. Other data were collected by means of questionnaires, field notes, interviews, and student work. Data validity uses democratic, process, and dialogic validity. Data analysis techniques were carried out using descriptive qualitative and quantitative descriptive analysis. Qualitative data analysis is used for qualitative data in the form of field observations, field notes, and interviews. Quantitative data analysis was used for quantitative data obtained from the results of poetry writing tests before and after being given the action

Keywords— Skills, Poetry Writing, Word Game Techniques.


Keywords


Skills, Poetry Writing, Word Game Techniques.

Full Text:

PDF

References


Ackhadiat, Sabarti, dkk., 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aftarudin. 1983. Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung: Angkasa.

Zainuddin. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No.9. Hal 17-28

Zulfahnur, dkk. 1997. Apresiasi Puisi. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulkarnaen, Yusufhadi. 1984. Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.