Peran Media Youtube dalam Kemampuan Menyimak Berita

Nurul Hidayah

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyimak berita. Dan siswa harus menguasainya. Kemampuan menyimak sangat di perlukan dalam pembelajaran ini, begitupun youtube sangat di perlukan untuk mencari informasi terkait berita. Berita  pada  saat  ini  sudah  jarang  ditonton  atau  pun  didengar  oleh  masyarakat terutama oleh siswa, dikarenakan berita lebih mudah didapatkan melalui berita online yang dapat dibaca melalui internat ataupun media sosial yang lebih update dan lengkap dari pada berita di radio ataupun televisi, sehingga dalam mengukur kemampuan menyimak berita pada saat ini sangat menarik untuk diteliti. Keterampilan menyimak sebagai keterampilan dasar berbahasa dapat disebut juga mendengarkan tetapi tidak sama dengan mendengar dan mendengarkan. Dalamhalini, mendengar dapat diartikan bahwa menangkap bunyi yang tidak disengaja dan tidak memiliki konsentrasi dalam hal ini, bisa saja yang ditangkap itu secara jelas,bisa juga tidak jelas.  Penetian ini menggambarkan bahwa anak yang diberi stimulasi memiliki dampak yang serupa dengan penelitian penelitian sebelumnya.

Kata kunci—Media Youtube, Menyimak Berita

 

 

Abstract— This study aims to determine students' ability to listen to the news. And students must master it. The ability to listen is very much needed in this lesson, as well as YouTube is really needed to find information related to news. News at this time is rarely watched or even heard by the public, especially by students, because news is easier to obtain through online news which can be read via the internet or social media which is more updated and complete than news on radio or television, so that in measuring listening ability News at this time is very interesting to study. Listening skills as basic language skills can also be called listening but they are not the same as hearing and listening. In this case, hearing can be interpreted as capturing sounds that are unintentional and do not have concentration in this case, what can be captured is clear, it can also be unclear. This research illustrates that children who are given stimulation have an impact similar to previous research studies.

Keywords— Media Youtube, Listening to the News


Keywords


Media Youtube, Listening to the News

Full Text:

PDF

References


Anjani, Yullida Fery (2017). Analisis Berpikir Tingkat Tinggi Menggunakan Teori Anders Dan Krathwol Pada Peserta Didik Kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linear. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo

Berk, Laura E. (2012).Development Through The Lifespan (edisi kelima). terj. Darmanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A TK My Childern Kec. Candi Kab.Sidoarjo.

Kurniawati, Ita. (2013). Pengaruh Media Audio Visual Pencampuran Warna Terhadap

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta:

Oramahi, H. A. 2012. Jurnalistik Radio.Jakarta: ERLANGGA

Romli, A. S. 2005. Jurnalistik Terapan. Bandung: Batic Press.

Romli,A.S.2009. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Saddhono, Kundharu, Y.Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yogyakarta:GRAHAILMU.

Yulistio, Didi 2001.Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit UNIB Press

Zaenuddin, H.M. 2011.The Journalist. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.