Pemanfaatan Media Blog untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen

Rozanatut Tazkiah

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media blog dalam meningkatkan keterampilan menulis. Penyebab dari keterbatasan siswa dalam kemampuan menulis adalah pendidik kurang kreatif dalam memilih bahan ajar, metode, dan media pembelajaran. Salah satu keterampilan menulis yang akan dibahas pada penelitian ini adalah menulis cerpen. Keterampilan menulis cerpen ini bertujuan agar siswa dapat mengekspresikan gagasan, pendapat, dan pengalamannya dalam bentuk sastra tertulis yang kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan data penelitian berupa data sekunder yang relevan dengan topik pembahasan.data berusmber dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional maupun internasional. Prosedur penelitian ini mengguanakan implementasi teori Mary. W. George. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan keterampilan menulis bisa menggunakan pemanfaatan media blog sehingga keterampilan menulis bisa meningkat dengan seringnya kita berlatih menulis cerpen pada media blog. Sehubungan dengan peningkatan keterampilan menulis, pemanfaatan media blog sangat sesuai dengan pembelajaran menulis. Dengan media blog, pengguna blog bisa menulis apapun pada bagian yang telah ada, termasuk tambahan informasi lainnya seperti audio, video, foto, atau link ke alamat laman (situs) yang relevan lainnya.

Kata kunci— Keterampilan Menulis, Cerpen, Media Blog.

 

 

Abstract— This study aims to determine the benefits of blogging media in improving writing skills. The cause of students' limitations in writing ability is that educators are less creative in choosing teaching materials, methods, and learning media. One of the writing skills that will be discussed in this study is writing short stories. This short story writing skill aims to enable students to express their ideas, opinions, and experiences in the form of creative written literature. This research is a library research with research data in the form of secondary data that is relevant to the topic of discussion. The data comes from research articles that have been published in national and international journals. This research procedure uses the implementation of Mary's theory. W.George. This study concludes that in improving writing skills you can use blog media so that writing skills can improve by frequently practicing writing short stories on blog media. In connection with improving writing skills, the use of blog media is very suitable for learning to write. With blog media, blog users can write anything on an existing section, including additional information such as audio, video, photos, or links to other relevant page (site) addresses.

Keywords— Writing Skills, Short Stories, Media Blogs


Full Text:

PDF

References


Graham, S. 2005. Blogging For ELT. BRITISH COUNCIL.

Ika, P. H. Pemanfaatan Media Blog.

Rouf, I and Y. Sopyan. 2007. Panduan Praktis Mengelola Blog. Jakarta: Media Kita.

Santosa, M. H. (2002). Pemanfaatan blog (jurnal online) dalam pembelajaran menulis. Universitas Pendidikan Ganesha, 1-34.

Santosa, M. H. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran Diktatori Berbasis Multimedia (Multimedia-Based Dictatory Learning) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dictation pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Negeri Singaraja. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sari, M., & Asmendri, A. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA,6(1), 41-53.

Sawarjuwono, T & Kadir, A. P. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 5(1), 35-57.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknodik, 143-158.

Wang, J. and Fang, W. 2006. Benefits of Cooperative Learning in Weblogs Networks. Tersedia di www.google.com. Assessed on August 30th 2007.

Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.