Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Media Aplikasi Twitter sebagai Penguatan Karakter Siswa SMA

Kurnia Ajeng Sevtiana

Abstract


Abstrak— Penelitian ini menegaskan bahwa pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat serta inovatif dapat mendukung penguatan karakter serta memunculkan semangat belajar peserta didik. Pemanfaatan teknologi sebagai media bantu ajar sesungguhnya mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis karya sastra khusunya cerpen. .Media yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran berbasis aplikasi adalah aplikasi twitter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan studi Pustaka melalui jurnal, buku, serta artikel. Adapun hasil penelitian pada SMA 2 Kerinci dengan hasil presentase 92,66%.

Kata kunci— pembelajaran inovatif, pembelajaran berbasis aplikasi, Twitter, cerpen

.

 Abstract— This study confirms that the selection and use of appropriate and innovative learning methods can support character strengthening and raise students' enthusiasm for learning. The use of technology as a teaching aid is actually able to improve the ability of students to write literary works, especially short stories. Media that can be used for application-based learning is the twitter application. This research uses quantitative methods by conducting library studies through journals, books, and articles. The results of the study at SMA 2 Kerinci with a percentage of 92.66%.

Keywords— innovative learning, application-based learning, Twitter, short stories.

 


Keywords


innovative learning, application-based learning, Twitter, short stories.

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. & Inawati, I. (2020). Analisis wacana kritis opini pada media massa cetak harian sumatera ekspres edisi oktober 2020. Lentera Pedagogi, 5(2), 37-43.

Doi https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3118.

Doi https://doi.org/10.33559/eoj.v1i3.129.

Doi https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6839.

Hudhana, W. D. & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 31-46.

Mahendra, Y. (2018). Manajemen karakter peserta didik melalui keterampilan menulis kritis. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 199-209.

Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 39-42. Doi http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5

Perangin-angin, L. L. & Zainal, M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial Di Media Sosial. Jurnal Aspikom, 3(4), 737-754. Doi http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.210.

Puspita, N. (2019). Pengembangan modul menulis cerpen berbantuan peta pikiran untuk pembelajaran menulis cerpen kelas X SMA. Ensiklopedia of Journal, 1(3).

Samsir, S. Ambiyar, A. Verawardina, U. Edi, F. & Watrianthos, R. (2021). Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 157-163. Doi http://dx.doi.org/10.30865/mib.v5i1.2580.

Susilo Rahardjo, M. P. & Gudnanto, S. P. (2022). Pemahaman Individu teknik nontes. Indonesia: Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.