Analisis Kebutuhan Materi Program Recovery Literasi dan Numerasi Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19

M. Zainudin, Doni Abdul Fatah

Abstract


Abstrak— Salah satu dampak krusial dalam sektor pendidikan dari pandemic covid-19 terjadinga learning loss. Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi learning loss diantaranya adalah identifikasi kebutuhan materi untuk program pemulihan literasi dan numerasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan materi yang dibutuhkan siswa dalam program recovery literasi dan numerasi sebagai salah satu upaya agar program tersebut dapat terlaksana dengan efektif. Penelitian survei ini dilakukan pada siswa-siswa kelas I sampai kelas VI di SDN Pacing I dan SDN Pacing II Sukosewu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah tingkat kesenjangan kondisi di lapangan dengan kondisi ideal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) prioritas materi yang dibutuhkan siswa fase A di SDN Pacing I dan SDN Pacing II Sukosewu adalah menilai kesesuaian anatara ilustrasi dengan isi teks, Prioritas materi yang dibutuhkan siswa fase B adalah menyusun inferensi (kesimpulan), dan untuk siswa fase C adalah mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik. 2) prioritas materi dalam literasi informasi yang dibutuhkan siswa fase A adalah membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda), siswa fase B adalah membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda), dan siswa fase C adalah menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung, 3) prioritas materi literasi numerasi yang dibutuhkan siswa fase A adalah  mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter), siswa fase B adalah menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/pembagian saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak), dan siswa fase C adalah menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang koma, serta operasi pada bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif.

Kata kunci— analisis kebutuhan, literasi numerasi, literasi baca tulis, learning loss, sekolah dasar.

 

Abstract—One of the crucial impacts in the education sector of the COVID-19 pandemic is learning loss. To overcome learning loss, steps must be taken, including finding materials for students' literacy and numeracy recovery programs. The purpose of this study was to find the material needed by students in the literacy and numeracy recovery program as one of the efforts to implement the program effectively. This survey was conducted on students from class I to class VI at SDN Pacing I and SDN Pacing II Sukosewu. The instruments used in this study were tests and documents. The data analysis was done by comparing the level of conditions in the field with ideal conditions. The results of this study indicate 1) the priority of the material needed by phase A students at SDN Pacing I and SDN Pacing II Sukosewu is the match between the illustrations and the content of the text, and the priority of the material needed by phase B students is compiling inferences (conclusions), and for phase C students is to identify changes in intrinsic elements. In addition, 2) the priority of the material in information literacy needed by phase A students is to compare the main things (e.g., differences in events, procedures, and characteristics of objects). Phase B students are to compare the main things (e.g., differences in events, procedures, characteristics of objects). Phase C students are to explain the main idea and some supporting ideas, 3) the priority of numeracy literacy material needed by phase A students is to recognize standard units for length (cm, m), weight (gr, kg), time (seconds, hours) and volume, including calculating the square and cubic of a decimal number with a decimal point, as well as operations on integers including negative integers.

Keywordsneeds analysis, numeracy literacy, learning loss, elementary school.


Keywords


needs analysis, numeracy literacy, learning loss, elementary school.

Full Text:

PDF

References


Afandi, F., Jafar, M. I., & K, A. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 423–430.

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253–270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.685

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Aningsih, A. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5–24.

Arrianti, D., & Amelia, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kecepatan dan Debit Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Di Kelas Vb Sdn Kalimulya 5 Depok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru, 5(1), 15–40.

Atit, Tampubolon, B., & Uliyanti, E. (2016). Peningkatan hasil belajar tentang menyimpulkan isi teks bacaan dengan metode bermain peran kelas II. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 15(2), 1–23.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistik X, 1. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf

Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2020). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah. Jurnal Eksponen, 11(2), 25–35.

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521

Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 3(2), 483–490.

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Junita, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2019). Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(03), 1–9.

Kaufman, R., Rojas, A. M., & Mayer, H. (1993). Needs Assessment A User’s Guide. Educational Tech_nology Publications, Inc.

Kerry, T., & Davies, B. (2003). Summer Learning Loss Among: The Evidence and A Possible Solution. Support for Learning, 13(3), 118–122.

Kraft, M. A., & Monti-Nussbaum, M. (2017). Can Schools Enable Parents to Prevent Summer Learning Loss? A Text-Messaging Field Experiment to Promote Literacy Skills. Annals of the American Academy of Political and Social Science, 674(1), 85–112. https://doi.org/10.1177/0002716217732009

Lestari, V. P., Saputro, B. A., & Sukamto, S. (2020). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Materi Debit Pada Kelas V Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.27211

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Mansyur. (2017). Keterampilan dasar mengajar dan penguasaan kompetensi guru (suatu proses pembelajaran micro). El-Ghiroh, 12(1), 130–147.

Martoredjo, N. T. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tentangan bagi Sektor Pendidikan? Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/328807842.pdf

Maswan. (2017). Konstelasi pendidikan dasar dan urgensinya dalam pembentukan generasi penerus bangsa. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi, 1–14.

McEadin, A., & Attaberry, A. (2017). The Impact Of Summer Learning Loss On Measures Of School Performance. Education Finance and Policy, 12(4), 468–491.

Menard, J., & Wilson, A. M. (2014). Summer Learning Loss among Elementary School Children with Reading Disabilities. Exceptionality Education International, 23(1), 72–85.

Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597

Muthmainnah, A., & Rohmah, S. (2022). Learning Loss: Analisis Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 969–975.

Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

O ’reilly, E. N. (2016). Developing technology needs assessments for educational programs: An analysis of eight key indicators. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 12(1), 129–143.

Pranowo, D. D., & Sumiyati, S. (2021). Analisis kebutuhan materi pembelajaran pada matakuliah “le français du tourisme.” Diksi, 29(1), 77–85.

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika learning loss: guru dan orang tua. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.

Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4785

Safitri, A. R. N., & Nugraheni, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1, 46–54. https://prosiding.iahntp.ac.id/

Tobing, W. (2020). Hubungan Covid 19 Terhadap Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Pertanian (Ekologi) Di Indonesia. Jurnal Health Sains, 1(5), 613–628. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i5.88

Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks Bahasa Arab. ALSUNIYAT Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 30–46. https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/index

Waluyanti, S., & Soenarto. (2014). Analisis kebutuhan materi pengembangan profesionalisme berkelanjutan guru SMK teknik audio video. Jurnal Kependidikan, 44(2), 146–157.

Widodo, A., Haryati, L. feni, Syazali, M., Indraswati, D., & Anar, A. P. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Inklusif Selama Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 53–60. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.928

Widodo, A., & Umar, U. (2022). Apakah Learning Loss Berpengaruh Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa? Js (Jurnal Sekolah), 6(2), 1. https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33371

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology), 5(1), 318–323.

Witkins, B. R. (1984). Assesing Needs In Educational and Social Programs. Jossey-Bass Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.