Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IX MTs Wasilatul Huda Dukohkidul Tahun Ajaran 2021/2022

Dewi Mar’atus Sholihah, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri dan (2) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas hasil keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IX MTs Wasilatul Huda Dukohkidul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siwa kelas IX MTs Wasilatul Huda Dukohkidul yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil dari data tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa tes tertulis menulis cerpen. Sedangkan, data nontes yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi foto selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil observasi sedangkan teknik kuantitatif yaitu menggunakan pendekatan statistik deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen kelas IX MTs Wasilatul Huda Dukohkidul. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari adanya perubahan sikap siswa pada beberapa aspek misalnya keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran, ketertiban siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan kesungguhan siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Selain meningkatnya kualitas proses juga ditemukan peningkatan kualitas hasil menulis siswa yang diketahui dari perolehan nilai pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus hanya mencapai 62 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 78,3 dan kembali meningkat pada siklus II hingga mencapai 85,4. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil menulis cerpen pada siswa kelas IX MTs Wasilatul Huda dukohkidul tahun ajaran 2021/2022.

Kata kunci keterampilan menulis, cerpen, media gambar seri.

 

Abstract The purposes of this study are (1) to describe and explain the quality of the learning process to write short stories using serial image media and (2) to describe and explain the quality of short story writing skills using serial image media to class IX students of MTs Wasilatul Huda Dukohkidul. This type of research is Classroom Action Research (CAR) with the subject of class IX students at MTs Wasilatul Huda Dukohkidul which consists of 27 students. This research was conducted in two cycles, each cycle consisting of four components, namely planning, implementation, observation and reflection. The research data were taken from test and non-test data. The test data collection tool used was a written test of writing short stories. While the non-test data used in the form of observation sheets and photo documentation during the learning process. Data analysis techniques used in this study are qualitative and quantitative techniques. Qualitative techniques are used to analyze the data obtained from observations, while quantitative techniques are to use a comparative descriptive statistical approach by comparing the results between cycles. The results of this study can be seen that using serial image media can improve the quality of the learning process for writing short stories for class IX MTs Wassilatul Huda Dukohkidul. This increase can be seen from the changes in student attitudes in several aspects, for example the seriousness of students in participating in learning, student order in following the learning process and students' seriousness in carrying out the assigned tasks. In addition to improving the quality of the process, it was also found an increase in the quality of students' writing results, which was known from the scores obtained in the pre-cycle, cycle I, and cycle II. The average grade in the pre-cycle only reached 62 then increased in the first cycle to 78.3 and again increased in the second cycle to 85.4. This shows that the application of serial image media can improve the quality of the process and the quality of the results of writing short stories in class IX students of MTs Wasilatul Huda Dukohkidul for the 2021/2022 academic year.

Keywords ­­ writing skills, short stories, picture series media.


Keywords


writing skills, short stories, picture series media.

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa indonesia yang efektif di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Setiana, L. N., Jayanti, R., Pratiwi, B., & Priyantoko, P. (2022). Pendampingan Siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro dalam Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Metode Project-Based Learning. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(03), 133-140. Retrived from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/126.

Iskandarwassid, D. S. (2009). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran berbahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Sudijono, A. (2010). Statistik penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2002). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian pendekatan praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.