Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman pada Materi Peluang di Mts Muhammadiyah 6 Ngrandu

Tika Zahrotin, Puput Suriyah, Meiga Ratih Tirtanawati

Abstract


Abstrak- Tujuan dari penelitian ini yaitu  untuk mendeskripsikan kesalahan siswa lakukan dalam menyelesaikan permasalahan soal pada materi peluang berdasarkan teori newman dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan soal pada materi peluang berdasarkan teori newman.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di Mts Muahmmadiyah 6 Ngrandu pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes yang sudah divalidasi menurut indikator kesalahan newman dan pedoman wawanacara. Berdasarkan dari hasil analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa 1) siswa tidak ada yang melakukan kesalahan dalam membaca, 2) siswa melakukan kesalahan dalam memahami yaitu tidak menuliskan pernyataan diketahui secara lengkap, yang disebabkan karena siswa kurang teliti, 3) siswa melakukan kesalahan transformasi yaitu siswa tidak menuliskan jawaban operasi hitung dengan benar, yang disebabkan karena siswa bingung terhadap operasi yang digunakan, 4) siswa melakukan kesalahan daalam proses perhitungan yaitu tidak menuliskan operasi hitung secara rinci, yang disebabkan karena siswa tergesa-gesa dalam menyelesaikan permasalahan, 5) siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir yaitu tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban tersebut, yang disebabkan karena siswa kurang teliti membaca petunjuk soal.

Kata kunci Analisis kesalahan,Teori Newman, Peluang.

 

 

Abstract-The purpose of this study is to describe the mistakes students make in solving problems on the probability material based on Newman's theory and to find out the factors that cause students to make mistakes in solving problems on the probability material based on Newman's theory. This research is a descriptive qualitative research. The subjects of this study were students of class VIII at Mts Muahmmadiyah 6 Ngrandu in the 2021/2022 academic year. The instrument in this study is a test that has been validated according to the Newman error indicator and interview guidelines. Based on the results of the analysis of the data obtained, it can be concluded that 1) students do not make mistakes in reading, 2) students make mistakes in understanding, namely not writing statements that are known in full, which is because students are not careful, 3) students make transformation errors namely students do not write down the answers to arithmetic operations correctly, which is caused because students are confused about the operations used, 4) students make mistakes in the calculation process, namely not writing down arithmetic operations in detail, which is because students are in a hurry to solve problems, 5) students made a mistake in writing the final answer, namely not writing the conclusion from the answer, which was caused because the students were not careful in reading the question instructions

Keywords— Error Analysis, Newman's theory, Opportunity.


Keywords


rror Analysis, Newman's theory, Opportunity.

Full Text:

PDF

References


Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., Muhlas. 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2020

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 100–110. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 22–31.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahmawati, A. D. (2020). MATHE dunesa. 9(3), 495–503.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Salamah, D. P., Amelia, R., Terusan, J., Sudirman, J., & Barat, J. (2020). Confidence Pada Siswa Kelas Xii Smk Di Bandung. 3(4), 273–284. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.273-284

Sianipar, S. G. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikam Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Fase Newman. MATHEdunesa, 9(3), 478–486. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p478-486

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.