Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Utama dalam Novel Antara Fajar Dan Senja Karya Sweetchita

Miftachul Ni'mah, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemenuhan kebutuhan bertingkat pada tokoh utama dalam novel Antara Fajar dan Senja karya Sweetchita menggunakan Kajian Psikologi Humanisme Abraham Maslow dan Nilai Pendidikan Karakter. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari novel Antara Fajar dan Senja karya Sweetchita yang terbit pada tahun 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca dan teknik catat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pemenuhan kebutuhan bertingkat teori Maslow pada tokoh utama dalam novel Antara Fajar dan Senja karya Sweetchita telah terpenuhi yaitu kebutuhan: fisiologis, harga diri, rasa aman, cinta dan rasa memiliki, dan kebutuhan aktualisasi diri. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter pada tokoh utama dalam novel Antara Fajar dan Senja karya Sweetchita telah memenuhi 11 nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (3) Novel Antara Fajar dan Senja karya Sweetchita memiliki hubungan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dapat dilihat pada KD 3.9 yang berbunyi menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan indicator mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik .

Kata Kunci Psikologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

 

 

Abstract-This study aims to describe the fulfillment of stratified needs for the main character in the novel Antara Fajar dan Senia karva Sweetchita using Abraham Maslow's Psychological Studies of Humanism and the Value of Character Education. This research is a descriptive qualitative research. The data source is obtained from the novel Antara Fajar dan Senja karya Sweetchita, which was published in 2020. The data collection techniques in this study were reading and note-taking techniques. The data in this study were analyzed using data analysis techniques by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it can be concluded: (1) The fulfillment of the stratified needs of Maslow's theory for the main character in the novel Antara Fajar dan Senia karva Sweetchita has been fulfilled, namely physiological needs, self-esteem, security, love and belonging and self-actualization needs. (2) The values of character education in the main character in the novel Between Fator and Senja karva Sweetchita have fulfilled 11character education values, namely religious values, honesty, tolerance, discipline, hard work, curiosity, respect for achievements, communicative friendship, love of peace, social care and respect. responsibility (3) Novel Antara Fajar dan Senja karva Sweetchita has a relationship with learning Indonesian in high school, it can be seen in KD 3.9 which reads analyze the content and language of the novel with indicators identifying intrinsic and extrinsic elements

Keywords Literary Psychology, Character Education Values, Indonesian Language Learning in SMA


Keywords


Literary Psychology, Character Education Values, Indonesian Language Learning in SMA

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Priyadi, A. T., & Wartiningsih, A. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Yang Tercermin Dalam Novel Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1). Retrievet From Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/13640

Angin, T. B. B. (2021). Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel Perempuan Mencari Tuhankarya Dianing Widya Yudhistira. Jurnal Education And Development, 9(1), 533-533. Retrieved From Http://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/View/2411esti,I. (2013). Pengajaran Sastra. Ombak: Retrieved From Http://Repository.Unwidha.Ac.Id/2284/1/Pengajaran%20sastra%20%282%29.Pdf

Giri, I. P. A. A. (2021). Analisis Ideologi Kepemimpinan Hindu Dalam Kakawin Niti Sastra. Kalangwanjurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 11(2), 100-109.Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.25078/Klgw.V11i2.2055

Hasanudin, C. (2018). Kajian Sintaksis Pada Novel Sang Pencuri Warna Karya Yersita. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 19-30. Doi Http://Dx.Doi.Org/10.30734/Jpe.V5i2.191

Hidajati, K. A. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Madrasah Gemuruh Ombak. Retrievet From Https://Osf.Io/Preprints/C4rdv/

Irma, C. N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1), 14-22.Doi Https://Doi.Org/10.26858/Retorika.V11i1.4888

Karmila, M., & Meliasanti, F. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(4), 2067-2075. Doi Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1731

Lukman, R. A. (2019). Kondisi Hierarki Bertingkat Pada Tiga Tokoh Dalam Novel Bulan Di Langit Athena Karya Zhaenal Fanani (Kajian Teori Kepribadian Humanistik Abraham Maslow). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jbsi Fbs Unesa. Retrivet From … Pada Tiga Tokoh Dalam Novel Bulan Di Langit Athena Karya Zhaenal Fanani (Kajian Teori Kepribadian Humanistik Abraham Maslow)

Niyarci, N. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Novel Anak “Mata Dan Manusia Laut” Karya Okky Madasari. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 43-56. Doi Https://Doi.Org/10.35878/Tintaemas.V1i1.388

Muliana, H. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel When Broken Glass Floats Karya Chanrithy Him. Jurnal Konsepsi, 11(1), 167-175. Retweet From Https://P3i.My.Id/Index.Php/Konsepsi/Article/Download/186/183

Murniasih, S., Yolanda, D. G., & Irma, C. N. (2021). Kajian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 66-71. Doi Https://Doi.Org/10.31294/W.V13i1.9753

Mutmainna, M., Mursalim, M., & Sari, N. A. (2021). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Posesif Karya Lucia Priandarini: Kajian Psikologi Sastra. Ilmubudaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 5(2), 262-272.Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.30872/Jbssb.V5i2.3850

Muzakki, A. (2007). Karya Sastra: Mimesis, Realitas Atau Mitos?.Lingua: Jurnalilmu Bahasa Dan Sastra, 2(1). Doi: Https://Doi.Org/10.18860/Ling.V2i1.557

Nahdly, M. A. A. (2020). Membangun Pendidikan Karakter Anak Menggunakan Pembelajaran Sastra. Miyah: Jurnal Studi Islam, 16(1), 215-228. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.33754/Miyah.V16i1.249.G195

Ngarbingan, E., Hafid, A., & Marzuki, I. (2021). Analisis Karakter Tokoh Dan Kandungan Nilai Karakter Dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral. Frasa: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 75-88

Riana, R. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 14(3), 418-427.Doi Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V14i3.825

Rismawati, R. (2018). Pemenuhan Kebutuhan Bertingkat Tokoh Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Psikologi Humanisme Abraham Maslow (Doctoral Dissertation, Fbs).Retrieved From Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/11820

Rostanawa, G. (2019). Hirarki Kebutuhan Tokoh Utama Dalam Novel Pulang Dan Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Elite Journal: International Journal Of Education, Language, And Literature, 1(2). Retrievet From Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Elite/Article/View/4817

Safitri, A. (2014). Analisispsikologis Sastra Pada Novel Amrike Kembang Kopi Karya Sunaryata Soemardjo (Doctoral Dissertation, Pend. Bhs Jawa). Retrieved From Http://Repository.Umpwr.Ac.Id:8080/Handle/123456789/2337

Safitri, V. N., & Putra, C. R. W. (2021). Nilai Religius Dalam Novel" Titip Rindu Ke Tanah Suci" Karya Aguk Irawan: Kajian Sosiologi Sastra. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 25-36. Retrievet From Https://Jurnal.Unsur.Ac.Id/Ajbsi/Article/View/964

Saputri, Lc, &Laeliyah, Yn (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Klitika: Jurnalilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 2 (2), 88-101.Doi: Https://Doi.Org/10.32585/Klitika.V2i2.808

Sobari, M., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2022). Analisis Masalah Sosial Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sang Penandai Karya Tere Liye Dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar Di Sma. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4093-4101.Doi Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2580

Maria, Pa (2016). Studi Feminisme Dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Oleh Tere Liye (Disertasidoktor, Ikip Pgri Pontianak). Retrieced From Http://Digilib.Ikippgriptk.Ac.Id/Id/Eprint/460

Yani, F., Muhtaron, I., & Mujtaba, S. Nilai Sosial Dalam Novel Yogyakarta Karya Damien Dematra Dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Di Sma: Kajian Sosiologi Sastra. Doi Http://Dx.Doi.Org/10.23969/Literasi.V11i2.3669

Al-Hafizh, M. (2012, November). Menakar Fungsi Dulce Et Utile Karya Sastra Remaja Indonesia. In International Conference On Languages And Arts (Pp. 445-452). Reference From: Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Isla/Article/View/3995

Lafamane, F. (2020, July 29). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama),Doi : Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Bp6eh


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.