Analisis Sosiologi Sastra dalam Novel Segi Tiga Karya Sapardi Djoko Damono Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Milanda Wulan Safitri, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


Abstrak-Novel Segi tiga karya Sapardi Djoko Damono merupakan karya imajinasi yang mengandung sosiologi sastra menggunakan teori Ian Watt khususnya, 1) fungsi sastra, 2) sastra sebagai cerminan masyarakat, dan 3) konteks sosial pengarang sehingga mampu memberikan hiburan bagi pembaca. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah unsur intrinsik dalam novel Segi tiga karya Sapardi Djoko Damono? 2) Bagaimanakah latar sosio-historis pengarang dalam novel Segi tiga karya Sapardi Djoko Damono? 3) Bagaimanakah analisis sosiologi sastra novel Segi tiga karya Sapardi Djoko Hubungannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari novel Segi tiga karya Sapardi Djoko Damono ini terbit pada tahun 2020. Pengumpulan data-data dalam penelitian ini ada empat tahapan, antara lain: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan teknik keabsahan data. Sumber data yang peneliti gunakan adalah novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono, terbit pada Maret 2020, PT Gramedia Pustaka Utama, dengan jumlah halaman 320 halaman, berwarna kuning dan merah, panjang 20 cm, lebar 13,5 cm, dan tinggi 20 cm. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Sosiologi Sastra terdapat tiga klasifikasi antara lain: fungsi sastra, sastra sebagai cerminan masyarakat, dan konteks sosial pengarang. 2) Novel Segi tiga karya Sapardi Djoko Damono memiliki hubungan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Kata kunci— Sosiologi Sastra, Novel, Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

 

 

 

Abstract-The novel Segi tiga  by Sapardi Djoko Damono is a work of imagination that contains the sociology of literature using Ian Watt's theory in particular, 1) the function of literature, 2) literature as a reflection of society, and 3) the social context of the author so as to provide entertainment for the reader. The problems in this research are 1) What are the intrinsic elements in the novel Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono? 2) What is the socio-historical setting of the author in the novel Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono? 3) How is the sociological analysis of Sapardi Djoko's novel Segi tiga literature related to learning Indonesian in high school? This study used descriptive qualitative method. The data source was obtained from the novel Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono, published in 2020. The collection of data in this study consisted of four stages, including: data reduction, data presentation, conclusion drawing, and data validity techniques. The data source that the researcher uses is the novel Segi Tiga by Sapardi Djoko Damono, published in March 2020, PT Gramedia Pustaka Utama, with a total of 320 pages, yellow and red, 20 cm long, 13.5 cm wide, and 20 cm high. Based on the results of this study, it can be concluded that 1) Sociology of Literature there are three classifications, namely: the function of literature, literature as a reflection of society, and the social context of the author. 2) The novel Segi tiga by Sapardi Djoko Damono has a relationship with learning Indonesian in high school.

 Keywords— Sociology of Literature, Novels, Indonesian Language Learning in SMA

Keywords


Sociology of Literature, Novels, Indonesian Language Learning in SMA

Full Text:

PDF

References


Agustina, Rini. (2015). Konflik batin tokoh utama dalam novel catatan malam terakhir karya Firdya taufiqurrahman. Jurnal pendidikan bahasa, 1(2), 253263 .http://jp.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/94/92

Amir (2010) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Pada Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,2(1). 1-1Retrieved from https ://ejournal.undiksha.ac .id/index.php/JJPBS/article/view/3282/2710

Angin, T. B. B. (2021). ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA BATU PARSIDANGAN DI HUTA SIALLAGAN KABUPATEN SAMOSIR SUMATERA UTARA Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2411

Endraswara, Suwardi.2004. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama.

Faruk (2014) Pengajaran sastra. Ombak: Retrieved from http://repository.unwidha.ac.id/2284/1/PENGAJARAN% 20SASTRA%20%282%29.pdf

Hidayati, N. A. (2013). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye, Surakarta: UNS (Sebelas Maret University).

Ika Mustika. MR. (2014). Hubungan Minat Baca dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Mahasiswa Semester 2 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi DOI https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p234-239.182

Karana, Andan Wahyu. 2013. Kajian Sosiologi Sastra Tokoh Utama Dalam NovelLintang Karya Ardini Pangastuti B. N. Skripsi. Purworejo: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kulsum, dkk. 2014. Sosiologi Sastra Sebagai Pendekatan Dalam Penelitian Sastra (Metode Penelitian Sastra). Skripsi. Surabaya: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.Kurniasari, dkk. 2019. Analisis Sosiologi

Kurniawan (2013) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Ki Hadjar Sebuah Memoar karya Haidar Musyafa: Perspektif Diane Tillman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia.1(1).1-15 Retrieved from http://ejournal.iainmadura.ac.id/in dex.php/ghancaran/article/view/2948/ 1630.

Moleong, Lexy J.. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. DOI:10.26858/PENGABDI.V1I2.15766

Mudjiyanto, Bambang. 2018. KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE Jurnal Media dan Komunikasi Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018) DOI : https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Muflikah (2014) Pendidikan Sosial yang Terkandung Dalam Surah At-Taubah Ayat 71-72 Jurnal Pendidikan Islam. 9 (1). 127-148. Retrieved from http://jurnal.staialhi dayahbo ac.id/index.php/ei/article/view/703/504

Mulyadi (2017). Dekonstruksi sastra anak mengubah paradigma kekerasan dan seksualitas pada karya sastra anak Indonesia KREDO Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1). 126-139 DOI https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458

Nugroho, Agung. (2019) Perbandingan Nilai Sosial dalam Novel Ivanna Van Dijk dengan Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati melalui Pendekatan Sosiologi Sastra Vol 2 No 1 (2019) Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing DOI https://doi.org/10.15294/sutasoma.v8i2.43374

Nurhapidah dan Teti Sobari. 2019. Kajian Sosiologi Sastra Novel Kembali Karya Sofia Mafaza. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2. No 4.ISSN 261-624x. Diakses pada tanggal 23 April 2021

Rachmawati (2021) Cermin Sosial dan Fungsi Sosial dalam Antologi Matajaman Karya Sosiawan Leak: Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia DOI https://doi.org/10.15294/sutasoma.v8i2.43374

Ratna (2015) Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak usia Dini melalui pembiasaan dan keteladanan. jurnal Pendidikan Anak. 6(2). 201-213. Retrieved from https: //journal .uny.ac.id/ index.php /jpa/article/ view/17707/10181

Santoso (2014). Kekerasan perempuan dalam novel bak rambut dibelah tujuh karya muhammad akhdlori. Jurnal literasi, 1(2), 41-48. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/792

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono ( 2015) Memahami peneitian kualitatif. Bandung ; Alfabeta

Suprapto dkk (2014 HUBUNGAN IMAJINASI DENGAN KARYA SASTRA NOVEL Retrieved from .https://scholar.google.co.id/citations?user=r94UcCMAAAAJ&hl=id&oi=sra

Suyani (2020) Analisis diksi dan gaya bahasa dalam novel london love story karya Tisa TS Jurnal pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia DOI http://dx.doi.org/10.31851/pembahsi.v10i2.4895

Trisnawati (2020) Pendekatan sosiologi sastra dalam kajian novel azab dan sengsara karya merari siregar DOI Jurnal pendidikan bahasa DOI https://doi.org/10.31980/CARAKA.V9I2.799

Waruwu, Sari. (2021). NILAI SOSIAL DALAM NOVEL YOGYAKARTA KARYA DAMIEN DEMATRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRAKalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 11(2), 100-109.DOI: http://dx.doi.org/10.25078/klgw.v11i2.2055

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1994. Teori Kesustraan. Terjemahan Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.