Penggaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Plupuh
Abstract
abstrak—Pada abad ke-21 perkembangan teknologi yang semakin luas yang dapat di gunakan un-tuk kepentingan pembelajaran dengan penggunaan google classroom. Google classroom mempunyai suatu fitur-fitur yang memberikan wadah untuk memahami materi agar memberikan kemampuan berpikir kritis siswa yang baik dalam pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan google class-room terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Plupuh. Metode penelitian dengan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara yang mencangkup indikator berpikir kritis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh yang berarti seluruh populasi kelas XI MIPA dengan analisis data penelitian menggunakan data deskriptif presentase. Hasil penelitian menujukan pada indikator memberikan penjelasan sederhana memiliki persentase paling tinggi 82%, indikator memberikan penjelasan lanjut memiliki persentase paling rendah 63% di bandingkan indikator lainnya, indikator menyimpulkan 74%, mengatur strategi dan taktik 72%, kemudahan dalam penggunaan google classroom 70%, serta membangun keterampilan dasar 69% secara keseluruhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plupuh pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dalam penggunaan google classroom
Kata kunci—Kemampuan Berpikir Kritis, Google Classroom, Sistem Ekskresi
Abstract—In the 21st century, technological developments are increasingly widespread which can be used for learning purposes by using Google Classroom. Google classroom has features that provide a forum for understanding the material in order to provide students with good critical thinking skills in face-to-face learning. SMA Negeri 1 Plupuh. The research method with data collection was carried out by observation, questionnaires and interviews which included critical thinking indicators. The sampling technique used is saturated sampling, which means the entire population of class XI MIPA with research data analysis using descriptive percentage data. The results showed that indicators providing simple explanations had the highest percentage of 82%, indicators providing further explanations had the lowest percentage of 63% compared to other indicators, indicators concluded 74%, set strategies and tactics 72%, ease of use google classroom 70%, as well as building basic skills 69% overall in class XI MIPA SMA Negeri 1 Plupuh in the even semester of the 2021/2022 academic year have high critical thinking skills in using google classroom
Keywords— Critical Thinking Ability, Google Classroom, Excretion System
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 1–8.
Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The effectiveness of Google classroom as an instructional media: A case of state islamic institute of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. Doi: https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227
Arikunto, S. (2010). Prosedur Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT Rhineka Cipta.
Ashoumi, H., & Shobirin, M. S. (2019). Penggunaan Google Classroom Pada Mata Kuliah PAI. Journal of Education and Management Studies, 2(4), 29–34.
Fajri, A. A., & Ningsih, D. (2022). Peningkatan Capaian Kognitif pada Pembelajaran Biologi Kelas X di SMAN 2 Gunung Talang Pasca Penggunaan Aplikasi Google Clasroom saat Pandemi Covid-19. Jurnal PAKAR Pendidikan, 20(1), 89–98. Doi: https://doi.org/10.24036/pakar.v20i1.256
Ferazona, S., Suryanti, Amnah, S., Robiah, S., & Idris, T. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanah Putih Rokan Hilir. Bioterdidik, 9(2), 124-131.
Ferdyan, R., & Arsih, F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Keterampilanberpikir Kritis Siswa Terhadapcovid-19 Berdasarkan Materi Yang Relevan dalam Pembelajaran Biologi. Pendidikan Biologi, 8(2), 106–118.
Fitriani, R., & Irawan, A. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Kelas Vii Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bioedusiana, 3(1), 8–14.
Handayani, S. L., Lis, G. B., Kusmajid, & Khairil. (2021). Problem Based InstructionBerbantuan E-Learning: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta DidikSekolah Dasar. Basicedu, 5(2), 697–705.
Handoko, A., Supriadi, N., & Ningrum, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 10(2), 189–200. Doi: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/index
Hanim, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MTsN Sabang Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning. Lantanida Journal, 7(2), 101–193.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Wacan, 18(2), 225–233.
Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap PendidikaN. Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran. Education and Development, 3(1), 1–5.
Ridho, S., Ruwiyatun, Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. Doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6il.194
Sihotang, K. (2017). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital. Respons, 22(2), 227–248.
Susanti, E., Sutisnawati, A., & Nurasiah, L. (2019). Penerapan Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi. Utile: Kependidikan, V(2), 123–133.
Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502. Doi: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.