Kearifan Lokal pada Novel Anwar Tohari Mencari Mati Karya Mahfud Ikhwan serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Sundaryanti Sundaryanti, Joko Setiyono, Masnuatul Hawa

Abstract


Abstrak—Karya sastra merupakan salah satu bentuk karya imajinatif yang ditulis oleh seseorang untuk menuangkan ide. Adapun karya sastra berupa teks cerita fiksi yang biasa diajarkan di sekolah adalah novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) bentuk kearifan lokal pada novel Anwar Tohari Mencari Mati karya Mahfud Ikhwan, dan (2) hubungan novel dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka. Teknik analisis dalam penelitian ini mengunakan model analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk kearifan lokal pada novel Anwar Tohari mencari Mati karya Mahfud Ikhwan meliputi peralatan kehidupan manusia, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan, kesenian, sistem bahasa, sistem pengetahuan dan sistem religi. Bentuk kearifan lokal yang terdapat pada novel Anwart Tohari Mencari Mati adalah sistem kemasyarkatan dan sistem bahasa, dan (2) Novel Anwar Tohari Mencari Mati karya Mahfud Ikhwan dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA untuk kelas XII. Jadi, ovel Anwar  Tohari Mencari Mati Karya Mahfud mengandung tujuh kearifan lokal yang dapat digunakan sebagai pendidikan karakter dan bisa digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia karena telah memenuhi tiga kriteria pemilihan novel, aitu bahasa, psikologi siswa, dan latar belakang budaya siswa.

Kata kunci—Novel, kearifan lokal.

 

 

Abstract—Literature is a form of imaginative work written by someone to express ideas. The literary works in the form of fiction texts that are usually taught in schools are novels. This study aims to describe and explain (1) the form of local wisdom in Mahfud Ikhwan's novel Anwar Tohari Mencari  Mati, and (2) the relationship between the novel and Indonesian language learning in high school. This research is a qualitative descriptive study. The procedur for collecting data was done by means of a literature study. The analysis technique in this study uses a Content analysis model. The results of this study indicate that (1) the form of local wisdom in the novel Anwar Tohari Mencari Mati by Mahfud Ikhwan includes the tools of human life, livelihoods, social systems, arts, language systems, knowledge systems and religious systems. The form of local wisdom found in Anwart Tohari Mencari Mati novel is the social system and language system, and (2) Anwar Tohari Mencari Mati by Mahfud Ikhwan can be used as teaching material for Indonesian language learning in high school for class XII. So, Anwar Tohari Mencari Mati by Mahfud contains seven local wisdoms that can be used as character education and can be used as teaching materials for Indonesian language learning because it has met three criteria for selecting novels, namely language, student psychology, and students' cultural background.

Keywords—Novel, local wisdom.


Keywords


Novel, local wisdom.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1656782359&Signature=

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/48898459/1225-2137-1-SM-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1656782866&Signature=gEd8KIqGWalI8zRn-NRpRffGUQi5DaVN~lAo4tkTbun8TYr8pf3FlfVBdi9RZrC7Vbj9LwH4AC3BoEOZA7mC8lprPKQPVqTvn0cadbzk6nMY8ymLUNWeTRH9AfLmMnwJpu6QAhEdoZ1ASFeCifnS9W-xz9XM2R2FVDBbI-jFq0vpRlvA4yw0TKMC49r5MLQmPbbQ8BoNliMdt0j8PrIdv~t0nwzQ3U~bIRgL-0V3aZZMs1SFEAxwL6WzI60sLihIn2h9Vt2v4bSp9M5WYNTfrzBYv-NTgtpXAJIOKm4TS7-sEb1DeulXzu2behCvt1l4e6Qt825wobZ~83yJ3ew7ZA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Koentjaraningrat (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press

Slamet, Y. B. M. (2018). Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa. Praxis: Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat dan Jejaring, 1(1), 24-40. Doi https://doi.org/10.24167/praxis.v1i1.1609

Sugiyono Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan guru menerapkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 97-105. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/4464

Wildan, W. (2013). Kearifan lokal dalam novel Seulusoh karya D. Kemalawat. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 41(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/94

Yenhariza, D., Nurizzati, N., & Ratna, E. (2012). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 167-174. DOI https://doi.org/10.24036/282-019883

Yunanto, D. (2021). GAME EDUKASI PUZZLE RUMAH ADAT TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 414-420. DOI https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1254

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.