Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SD dengan Menggunakan Metode Show and Tell

Ella Putri Maylanie

Abstract


abstrak—Dalam pembelajaran keterampilan berbicara terdapat metode yang masih konvensional seperti bercerita di depan kelas yang dapat menimbulkan siswa merasa minder atau tidak percaya diri, perasaan malu-malu dan ketidak siapan yang membuat siswa enggan dalam bercerita. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengetahui bagaimana keterampilan berbicara pada siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode show and tell, suatu metode yang terdiri dari menunjukkan dan menjelaskan sesuatu kepada penonton (siswa), untuk menggambarkan atau menceritakan. tentang hal-hal yang relevan dengan sesuatu yang ditampilkan. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bahwa penggunaan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar.

Kata kunci—Keterampilan berbicara, Show and tell

 

Abstract—In learning speaking skills, there are methods that are still conventional, such as: telling stories in front of the class that can cause students to feel inferior or not confident, feelings of shame and unpreparedness that make students reluctant to tell stories. Through In this study, researchers tried to find out how students' speaking skills elementary schools can be improved by applying the show and tell method, a method that consists of showing and explaining something to the audience (students), to describe or tell. about things that are relevant to something that displayed. The aims of this study are: To find out that the use of the show. method and tell can improve the speaking skills of elementary school students.

Keyword—Speaking skill, Show and tell


Keywords


Speaking skill, Show and tell

Full Text:

PDF

References


Maya Hayatun N. Desak Putu P (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicra Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (4) pp. 198-203

Irma Arvian. Khusnul Fajriyah (2018). Keefektifan Model Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri Babala.Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol 5, No 1

Trislijayanti, L. E., Sriasih, S. A. P., dan Sutresna, I. B. (2015). Penggunaan Metode Show And Tell dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII.C di SMP Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), t.h


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.