Inovasi Metode Pembelajaran Asyik dengan Media Lagu Bermuatan Materi

Farhah Nur Choiriyah, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak—Akibat pandemi Covid-19 yang telah merajang dua tahun terakhir, banyak siswa yang menurun dari segi minat belajarnya. Hal ini, membuat para pendidik berpikir keras bagaimana meningkatkan minat belajar siswa kembali. Ada berbagai media yang dapat membantu dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu media lagu. Lagu termasuk bidang seni yang mengikuti perkembangan zaman, banyak lagu-lagu yang tercipta baru menyesuaikan kesukaan remaja kini. Oleh karena itu, media lagu ini sangat membantu dalam meningkatkan minat belajar siswa kembali. Lagu harus dimodifikasi sedemikian rupa, supaya berisi materi dan terdengar mengasyikan. Selain itu, lantunan musik lebih mudah dihafalkan dibandingkan materi pembelajaran yang tertulis dengan polos. Media lagu menjadi salah satu pemecah masalah sekaligus inovasi baru yang bisa terus dikembangkan menyesuaikan zaman. Lagu yang dipakai juga harus beriringan dengan trend masa kini. Maka, dalam artikel ini akan dibahas; (1) bagaimana peran guru dalam mengimplementasikan media lagu? (2) bagaimana supaya media lagu terkesan menarik? dan (3) bagaimana manfaat dan dampak pembelajaran dengan media lagu bagi siswa?. Artikel ini menggunakan metode penelitian literature review atau tinjauan pustaka, yaitu melakukan identifikasi dan evaluasi pada penelitian-penelitian sebelumnya mengenai media lagu. Diharapkan, artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi cara jitu yang diterapkan dalam inovasi metode pembelajaran.

Kata kunci— Media lagu, pembelajaran asyik, minat belajar.

 

 

Abstract—As a result of the Covid-19 pandemic that has ravaged the past two years, many students have declined in terms of their interest in learning. This makes educators think hard about how to increase students' interest in learning again. There are various media that can help in the learning process, one of which is song media. Song belongs to the field of art that keeps up with the times, many of the songs that are created are new according to the preferences of today's teenagers. Therefore, this song media is very helpful in increasing student interest in learning again. The song must be modified in such a way, so that it contains material and sounds fun. In addition, chanting music is easier to memorize than plainly written learning materials. Song media is one of the problem solvers as well as new innovations that can continue to be developed according to the times. The songs used must also be in line with current trends. So, in this article, we will discuss; (1) what is the teacher's role in implementing song media? (2) how to make the song media seem interesting? and (3) what are the benefits and impacts of learning with song media for students?. This article uses a literature review research method, which is to identify and evaluate previous studies regarding song media. Hopefully, this article can be useful and can be a surefire way to be applied in innovative learning methods.

Keywords—Song media, fun learning, interest in learning.


Keywords


Song media, fun learning, interest in learning.

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Anggraeni, S. W. (2016). Penggunaan Media Lagu Anak Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1).

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304-314.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.