Pemanfaatan Aplikasi Google Meet untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Syaikul Umam, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pandemi covid -19 merupakan sebuah wabah virus menular yang memiliki tingkat penyebaran yang tinggi dan cepat. Covid-19 juga .dinilai dapat  mengancam sistem sosial dan ekonomi pada masyarakat global. Pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk memulai proses pembelajaran dari rumah atau yang bisa kita sebut sebagai pembelajaran daring. Pembelajaran daring ialah proses pembelajaran yang mengharuskan kita untuk melakukan proses pembelajaran dari rumah (Syarifudin, 2020) dengan menggunakan media handphone dan memerlukan saluran internet (Oktavian & Aldya, 2020). Dalam hal ini penulis memberikan solusi pada pelajar untuk menggunakan aplikasi google meet agar bisa memsukseskan pembelajaran selama pandemi covid-19. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian library research (studi pustaka). Library research menupakan jenis penelitian dengan cara memahami teori-teori secara literature yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Sumber data yang digunakan oleh penulis adalah sumber data sekunder. Sumber data sekunder meupakan metode yang digemari oleh banyak orang karena menghemat waktu., biaya, dan tenaga. Dengan menggunakan data sekunder dapat langsung mengarah pada pembahasan topik yaitu pemanfaatan aplikasi google meet serta pandemi covid-19. Peneliti juga memperoleh sumber data yang relevan dari buku yang diterbitkan dari dalam negeri dan luar negeri, serta beberapa artikel dan jurnal nasional dan internasional. Dalam peneiitian ini menghasilakan pemaparan bahwa aplikasi google meet merupkan media pembelaran online yang efektif digunakan selama masa pandemi covid-19.

Kata kunci— aplikasi google meet, pembelajaran daring, covid-19

 

 

 

Abstract The COVID-19 pandemic is an outbreak of a contagious virus that has a high and fast spread rate. Covid-19 is also considered to be able to threaten the social and economic system in the global community. The covid-19 pandemic that requires us to start the learning process from home or what we can call online learning. Online learning is a learning process that requires us to carry out the learning process from home (Syarifudin, 2020) using mobile media and requires an internet channel (Oktavian & Aldya, 2020). In this case the author provides a solution for students to use the google meet application in order to make learning successful during the covid-19 pandemic. In this study the author uses the type of research library research (library study). Library research is a type of research by understanding theories in the literature related to the topics discussed. The data source used by the author is a secondary data source. Secondary data sources are a method that is favored by many people because it saves time, cost, and effort. By using secondary data, it can directly lead to the discussion of topics, namely the use of the Google Meet application and the Covid-19 pandemic. Researchers also obtained relevant data sources from books published domestically and abroad, as well as several national and international articles and journals. This research resulted in an explanation that the Google Meet application is an effective online learning media used during the COVID-19 pandemic.

Keywords— google meet, e-learning, covid-19


Keywords


google meet, e-learning, covid-19

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. Doi. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektivitas penggunaan platform google meet terhadap hasil belajar siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 45-49. Doi. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2313.

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal paedagogy, 7(4), 281-288. Doi https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa menggunakan media aplikasi Google Meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 655-661. Doi. https://orcid.org/0000-0002-8019-775X

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. Retrived from, https://core.ac.uk/download/pdf/440358389.pdf.

Fauzi, F. A., & Lestari, P. (2020). Implementasi pembelajaran individual head number berbasis google meet dan classroom pada materi trigonometri. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 175-188. Doi. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2568.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2020). Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran?. Journal Civics and Social Studies, 4(2), 47-56. Doi https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.918.

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan aplikasi Google Meet dalam keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3537.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 150-160. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/8405.

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). Jakarta, Indonesia :RajaGrafindo Persada.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). Doi http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763.

Prisuna, B. F. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi google meet terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 137-147. Doi https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.39160.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705-709. Doi http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :Litbangdiklat Press.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19. Doi https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Sawarjuwono, T., & Kadir, A. P. (2003). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal akuntansi dan keuangan, 5(1), 35-57. Doi. http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15699.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan google meet untuk work from home di era pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13-21. Retrieved from https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161.

Simorangkir, F. M. A. (2020). Pelatihan aplikasi google meet bagi guru di Kabupaten Batubara. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(4), 203-208. Doi. https://doi.org/10.32672/btm.v2i4.2786.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. Doi https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100-115. Doi https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.