Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA di Era Milenial

Junia Lusita, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— flipped classroom adalah sebuah strategi pembelajaran dalam blended learning yang membalikkan struktur belajar “kelas” dan metode Pembelajaran. Biasanya proses pemberian materi dilakukan di Sekolah dan pendalaman materi dapat dilakukan di luar Sekolah melalui tugas, diskusi, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati penerapan model pembelajaran flipped classroom  dalam meningkatkan kemandirian belajar  siswa sekolah menengah atas (2) Meningkatkan  kemandirian belajar  siswa sekolah menengah atas dengan penerapan model pembelajaran flipped classroom. (Teknik  penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya Kemandirian belajar , model pembelajaran flipped classroom, Siswa SMA dan topik pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional.untuk sumber data penelitian ini.dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berperan penting dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA. Karena dapat meningkatkan semangat dan kemandirian belajar  siswa. Selain itu dapat memudahkan siswa serta guru dalam proses belajar mengajar .

Kata kunci— Kemandirian, belajar, siswa, flipped classroom

 

Abstract— flipped classroom is a learning strategy in blended learning that reverses the "classroom" learning structure and learning method. Usually the process of providing material is carried out in schools and deepening of material can be done outside of school through assignments, discussions, and so on. The purpose of this study is (1) Knowing and observing the application of the flipped classroom learning model in increasing the learning independence of high school students (2) Increasing the learning independence of high school students by applying the flipped classroom .m learning model (This research technique is library research which means that the technique of collecting data comes from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to with discussion topics, including independent learning, flipped classroom learning models, high school students and independent learning topics. Data were obtained from published books and also research articles published in national journals as well as international journals. Or research data sources It can be concluded that the flipped classroom learning model plays an important role in increasing the learning independence of high school students. Because it can increase the enthusiasm and independence of students' learning. In addition, it can facilitate students and teachers in the teaching and learning process.

Keywords— Independence, learning, students, flipped classroom

 


Keywords


Independence, learning, students, flipped classroom

Full Text:

PDF

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.