Evaluasi Pembelajaran Di Era Society 5.0 pada Pendidikan Bahasa Indonesia

Intan Rahayu Widyaning Tyas, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak—Pendidikan merupakan salah satu cara agar masyarakat mampu mengikuti dan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini. Oleh sebab itu, guru dapat memanfaatkan teknologi saat melaksanakan pembelajaran agar peserta didik dapat terbiasa hidup berdampingan dengan teknologi.  Maka dari itu, penulis menulis artikel ini dengan tujuan agar guru dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, sebagai referensi pembelajaran, dan bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Metode yang digunakan yaitu metode literatur deskriptif analitis. Dengan hasil bahwa guru dapat memanfaatkan Microsoft PowerPoint untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Kata kunci—evaluasi pembelajaran, pendidikan, teknologi

 

Abstract—Education is one way so that people are able to follow and take advantage of this increasingly sophisticated technology. Therefore, teachers can use technology when carrying out learning so that students can get used to living side by side with technology. Therefore, the author wrote this article with the aim that teachers and students can carry out learning by utilizing technology, as a learning reference, and useful for writers and readers. The method used is descriptive analytical literature method. With the result that teachers can use Microsoft PowerPoint to carry out learning evaluations.

Keywords— evaluation of learning, education, technology.


Keywords


evaluation of learning, education, technology.

Full Text:

PDF

References


Rajagukguk, M. (2020). Inovasi penilaian pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 45-48. Doi http://digilib.unimed.ac.id/41219/1/Fulltext.pdf

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito., Samala, A.D., Riyanda, A.F., Adi, N.H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3012-3014. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Umro, J. (2021). Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam di era society5.0. Jurnal Al-Makrifat, 6(2), 108-110. Doi http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4427/3154

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung : CV Alfabeta

Adlina, N. (2022). Inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 dengan pendekatan steam di era society 5.0. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(6), 620-622. Doi http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134

Kartiningrum, E.D. (2015). Panduan penyusunan studi literatur. https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04/panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf

Anderson, G., & Arsenault, N. (2005). Fundamentals of educational research. Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.