Penyesuaian Kurikulum 2013 Masih Membutuhkan Penyempurnaan

Fariz Abdi Khasan, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak-Dalam perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia telah berlaku kurikulum yang merupakan tolak ukur untuk memantau bagaimana jalannya proses kegiatan pembelajaran yang ada di lembaga pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Kurikulum yang pernah diberlakukan antara lain Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP kemudian K13 atau Kurikulum 2013. Setiap kurikulum memiliki karakternya masing-masing. Pada kurikulum KTSP contohnya, para guru dituntut untuk memberikan materi pembelajaran yang jelas dan mudah dipahami kepada para muridnya, sedangkan pada Kurikulum 2013 justru malah sebaliknya, murid atau siswa dituntut untuk bisa belajar secara mandiri agar dapat berimprovisasi, berinovasi, dan berkembang sesuai dengan kapasitasnya. Dalam kegiatan pembelajaran pastinya juga membutuhkan buku untuk menunjang suksesnya kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, buku yang digunakan harus sesuai dengan poin-poin yang ada pada kurikulum yang berlaku, agar dapat digunakan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Kata kunci-kurikulum 2013, perkembangan, penyesuaian

 

 

Abstract-In the development of education in Indonesia, a curriculum has been applied which is a benchmark to monitor how the process of learning activities in educational institutions in Indonesia, starting from the elementary school, junior high school, to high school level. The curriculum that has been implemented includes the Education Unit Level Curriculum or KTSP then K13 or 2013 Curriculum. Each curriculum has its own character. In the KTSP curriculum, for example, teachers are required to provide clear and easy-to-understand learning materials to their students, while in the 2013 Curriculum it is the opposite, students are required to be able to learn independently in order to improvise, innovate, and develop according to their capacities. In learning activities, of course, you also need books to support the success of learning activities. Therefore, the books used must be in accordance with the points contained in the applicable curriculum, so that they can be used properly.

Keywords - 2013 curriculum, development, adjustmen

 


Keywords


2013 curriculum, development, adjustmen

Full Text:

PDF

References


Ar-Rozi, May Mualifah. (2013). Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Konsep Pendidikan Budi Pekerti. STAIN Salatiga. Semarang: Aneka Ilmu.

Mulyasa, E, Penembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Undang-undang Nomer 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.