Penggunaan Media Reading Logbook untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 SDN Gedangan 2

Wenny Indah Ardhita, Rani Jayanti

Abstract


Abstrak—Membaca dan Menulis merupakan dasar dari pengajaran yang pertama kali diajarkan oleh guru kepada siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis siswa kelas 1 sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan Kuantitatif dengan metode eksperimen dan penggunaan desain penelitian pre-test dan post-test, yang bertujuan pada hasil belajar yang akan dicapai. Belajar membaca dan menulis melalui reading logbook diharapkan dapat memotivasi siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada diri masing – masing siswa. siswa diajak untuk membiasakan diri membaca dan menulis selama kurang lebih 10 menit sebelum pembelajaran di mulai.

Kata kunci—Media Reading Logbook, kemampuan membaca dan menulis.

 

 

Abstract—Reading and Writing is the basis of teaching which was first taught by teachers to elementary school students. This study aims to improve the reading and writing skills of grade 1 elementary school students. The approach used in this paper is a quantitative approach with experimental methods and the use of pre-test and post-test research designs, which aim at the learning outcomes to be achieved. Learning to read and write through reading logbooks is expected to motivate elementary school students to improve their reading and writing skills. Students are invited to get used to reading and writing for approximately 10 minutes before learning begins.

Keywords—Reading Logbook media, reading and writing skills.


Keywords


Reading Logbook media, reading and writing skills.

Full Text:

PDF

References


Madasari, Kurnia Asti, & Mimi Mulyani. (2016). Keefektifan Metode Eja dan Metode Asa Berdasarkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelass 1 Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Basaha dan Sastra Indonesia, 4(2), 177-183.

Mustikowati, Dewi, dkk. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Kata Bersambut. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 39-42.

Rinawati, Agustin, dkk. (2016). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal: Journal Education Research and Development, 4(2), 85-95.

Safitri, Vira, & Febrina Dafit. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(3), 1357-1364.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.