Analisis Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro Angkatan 2018 Kelas A dan B Selama Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease)

Mutiara Sari Setiawan, Cahyo Hasanudin, Ali Mujahidin

Abstract


abstrak— Selama Pandemi covid-19,diterapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Oleh karena itu kegiatan belajar dilakukan secara online atau daring. Mahasiswa belajar dirumah masing-masing dan hadir tepat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dalam melakukan pembelajaran daring terdapat beberapa kendala atau masalah yang dapat memengaruhi minat belajar mahasiswa baik secara internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro Angkatan 2018 Kelas A dan B selama pandemi Covid-19 (Corona Virus Diseases). Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2018 dengan berjumlah 47 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Hasil penelitian minat belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19, terdapat 3 (tiga) jenis minat belajar  yaitu personal, situasional dan psikologis. Minat Belajar Personal, mahasiswa sebagian besar sudah memiliki sikap, motivasi dan ketertarikan yang cukup tinggi selama mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Minat Belajar Situasional, mahasiswa sudah menunjukkan kenyamanan dalam mengikuti pembelajaran daring, baik secara fasilitas maupun tenaga pendidik. Minat belajar Psikologikal, mahasiswa sudah menunjukkan minat belajar yang terus menerus berkelanjutan. Mahasiswa memiliki antusiasme dan inisiatif untuk melakukan pembelajaran daring.

Kata kunci— Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.

 

 

Abstract— During the COVID-19 pandemic, the rules of Large-Scale Social Restrictions or PSBB are applied. Therefore, learning activities are carried out online. Students study at their own homes and join class according to schedule. During online learning there are several obstacles or problems that can affect student interest in learning both internally and externally. This study aims to describe the learning interest of Indonesian Language and Literature Department students at IKIP PGRI Bojonegoro A and B Class 2018 during the Covid-19 (Corona Virus Diseases) pandemic. This research method is qualitative by using a qualitative descriptive approach. The population of this research are students of the 2018 Indonesian Language and Literature Department with a total of 47 students. Collecting data using the method of observation and questionnaires. The results of research on student interest in online learning during the covid-19 pandemic, there are 3 (three) types of interest in learning, such as personal, situational and psychological. Personal Learning Interest, most students already have a high enough attitude, motivation and interest in online learning during the covid-19 pandemic. Situational Learning Interest, students have shown comfort in participating online learning, both in terms of facilities and teaching staff. Psychological learning interest, students have shown an interest in continuous learning. Students have enthusiasm and initiative to do online learning.

Keywords— Interest in Learning, Online Learning, Covid-19 Pandemic.




Keywords


Interest in Learning, Online Learning, Covid-19 Pandemic.

Full Text:

PDF

References


Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229.

Chatarina Muliana Girsang (2020). Staf Ahli Menteri Pendidikan dan

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa

Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1323.

Kebudayaan Bidang Regulasi. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.

menggunakan media aplikasi Google Meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655-661.

Mesra, P., & Kuntarto, E. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandem. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177-183. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881.

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat

mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan

Ul'hak, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik Pada Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Retrieved from https://repository.unja.ac.id/20272/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.