Penggunaan Prefiks pada Novel “Malik&Elsa” Karya Boy Candra

Putri Nita Artavia, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apakah ada penggunaan prefiks dan menganalisis makna dari prefiks yang ada pada novel “Malik&Elsa”. Manfaat dari penelitian prefiks pada novel “Malik&Elsa” yaitu untuk menambah wawasan tentang prefiks pada novel. Objek dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul “Malik&Elsa” yang merupakan sebuah karya sastra yang ditulis oleh seorang penulis yang terkenal yaitu Boy Candra. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi atau pengamatan dan studi dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu metode yang dilakukan dengan cara memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu.  Hasil dari penelitian dari novel “Malik&Elsa” ialah membahas prefiks yang digunakan di dalam novel yaitu prefiks (ber-, ter-, se-). Dapat disimpulkan data penelitian menunjukkan bahwa makna imbuhan prefiks {ber-} sebagai pembentuk kata kerja dan sifat, imbuhan prefiks {ter-} menyatakan keadaan yang telah terjadi yang diikuti kata kerja. Imbuhan prefiks {se-} menyatakan makna tingkah dan menyatakan makna waktu atau setelah.

Kata kunci- prefiks, novel, imbuhan.

 

Abstrak-This study aims to determine whether there is use of prefixes and analyze the meaning of the prefixes in the novel "Malik&Elsa". The benefit of prefix research on the novel "Malik & Elsa" is to add insight about prefixes in the novel. The object of this research is a novel entitled “Malik&Elsa” which is a literary work written by a famous writer, Boy Candra. Data collection techniques in this study are using observational techniques or observations and documentation studies. The method used in this study is a qualitative method, namely a method that is carried out by understanding and interpreting the meaning of an event of human behavior interaction in certain situations. The result of the research from the novel "Malik & Elsa" is to discuss the prefixes used in the novel, namely prefixes (ber-, ter-, se-). It can be concluded that the research data shows that the meaning of the prefix affix {ber-} as forming verbs and adjectives, the prefix affix {ter-} states a situation that has occurred which is followed by the verb. The prefix affix {se-} expresses the meaning of behavior and states the meaning of time or after.

Keyword-prefix, novel, aff.


Keywords


prefix, novel, aff.

Full Text:

PDF

References


Bikri, I. A. 2018. Analisis Makna Prefiks An-Pada Verba Trennbar Bahasa Jerman. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara, 143

Hermawan, D., & Shandi, S.P .2019. Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. METAMORFOSIS. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11-20.

Novel, A. P. Tema dan Pragmatika Budi Pekerti JJAWA dalam Novel-Novel Jawa Modern Periode 1950-2000-an. Pembelajaran Bahasa Daerah Abad 21,49.

Sugono, D. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Gramedia Pustaka Utama.

Tara, F., & Cahrawati, C. 2021. Penggunaan Prefiks dalam Bahasa Bugis Bone Desa Simbur Naik Kabupaten Tanjung Jabung Timur(Kajian Morfologis). Aksara ;Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 184-193.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.