Peningkatan Kemampuan Analisis Unsur-Unsur Teks Berita Menggunakan Metode Pembelajaran Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Berbantuan Media Pembelajaran Audiovisual pada Siswa Kelas VIII MTS An-Nur Kedungtuban Tahun Pelajaran 2021/2022

Muhammad Wahyu Nursolikin, Fathia Rosyida, Abdul Ghoni Asror

Abstract


abstrak—Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan proses belajar menganalisis unsur-unsur teks berita siswa menggunakan Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Berbantuan Media Pembelajaran Audiovisual pada Siswa Kelas VIII MTs An-Nur Kedungtuban Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan hasil belajar menganalisis unsur-unsur teks berita siswa menggunakan Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Berbantuan Media Pembelajaran Audiovisual pada Siswa Kelas VIII MTs An-Nur Kedungtuban Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas adalah: (1) Kualitas proses pembelajaran siswa kelas VIII MTs An-Nur Kedungtuban Desa Galuk Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora dengan menggunakan metode ceramah plus diskusi dan tugas berban-tuan media pembelajaran audiovisual pada materi unsur-unsur teks berita mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. (2) Kualitas hasil pembelajaran siswa kelas VIII setelah menerapkan metode ceramah plus diskusi dan tugas berbantuan media pembelajaran audiovisual pada materi unsur-unsur teks berita mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus, pada prasiklus adalah 6,2%, pada siklus I adalah 80,7%, dan pada siklus II adalah 90,5%.

Kata kunci—Teks Berita 5W+1H, Ceramah Plus

 

Abstract— The aims of this study are (1) to describe and explain the improvement of the learning process to analyze the elements of students' news texts using the Lecture Plus Discussion and Assisted Assignment Method of Audiovisual Learning Media for Class VIII students of MTs An-Nur Kedungtuban in the 2021/2022 academic year. (2) To describe and explain the increase in learning outcomes to analyze the elements of student news texts using the Lecture Plus Discussion and Assisted Assignment Method of Audiovisual Learning Media for Class VIII Students of MTs An-Nur Kedungtuban for the 2021/2022 Academic Year. The research method used in this research is descriptive qualitative, in the form of Classroom Action Research (CAR). The results of the Classroom Action Research are: (1) The quality of the learning process of class VIII students at MTs An-Nur Kedungtuban Galuk Village, Kedungtuban District, Blora Regency by using the lecture method plus discussions and assignments assisted by audiovisual learning media in the news text elements have changed. to a better way. (2) The quality of the learning outcomes of class VIII students after applying the lecture method plus discussion and assignments assisted by audiovisual learning media on news text elements has increased. This increase can be seen from the percentage of student learning outcomes completeness in each cycle, in the pre-cycle is 6.2%, in the first cycle is 80.7%, and in the second cycle is 90.5%.

Keywords— News Text 5W+1H, Lecture Plus.


Keywords


News Text 5W+1H, Lecture Plus.

Full Text:

PDF

References


Ahsin, M. N. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Audio Visual dan Metode Quantum Learning. Jurnal Refleksi Edukatika 6(2), 158-171. Doi:

Amaliah, R. R., Fadhil. A., Sari Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an 10(2), 119-131. Retrived from: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441

Bangun, E. P., Koagouw, F. V. I. A. & Kalangi, J.S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita pada Media Online Manadopostonline.com. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 1(3). Retrived from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560/25212

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedagogia 4(2), 115-123.

Firmansyah, R. (2017).Web Klarifikasi Berita untuk Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax. Jurnal Informatika 4(2), 230-235. Doi: https://doi.org/10.31294/ji.v4i2.2138

Haryanti, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Berita dengan Metode Kooperatif Tipe Stad Pada Smp Negeri 1 Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3). Retrived from: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1169/pdf

Hidayah, N. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Kisah Sahabat Kholifah Abu Bakar As Shiddiq Ra Melalui Metode Ceramah Plus dan Diskusi Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 16 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Walisongo. Retrived from: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6144

Hutabarat, C. R. & Basyaruddin. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 23 Medan. Jurnal Digital Repositori, 1(289-300). Retrifed from: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38860

Lubis. I. S. & Rosmaini. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Berita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal.Unimed. 8 (1-15). Doi: https://doi.org/10.24114/bss.v8i1.12935

Maurin, H & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Journal of Islamic Primary Education 1(2), 65-76. Doi: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Muliawanti, L. (2018). Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online. Jurnalisme Era Digital 11(1), 79-98. Doi: https://doi.org/10.21093/lentera.v2i1.1168

Ridwan, M. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Dengan Media Audio Visual Siswa Smp Plus Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam, 9(1), 32-49. Doi: https://doi.org/10.30739/darussalam.v9i1.115

Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. Jurnal An-Nida 10(1), 13-20. Retrived from: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/741/1001

Sakmal, J., Riani,D. N., Mutiaraningrum, D., & Fatimah, A. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis Siswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 33-48. Doi: https://doi.org/10.21009/PIP.281.5

Sartiani. (2016). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqro’, 10(1), 47-54. Doi: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v10i1.590

Sudana. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Pokok Kisah Khalifah Abu Bakar Ra Melalui Penerapan Metode Ceramah Plus Dan Diskusi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Blumbang Kecamatan Tawangmangu Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Indonesian Journal on Education and Research, 2(2), 153-166.

Yoseph Moruk, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita Dengan Metode Diskusi pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri Fatumfaun. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(1), 25-33. Retrived from: http://jurnal.unimor.ac.id/JBI/article/view/286


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.