Penggunaan Metode Discover Learning Berbantuan Media Audiovisual dalam Keterampilan Menulis Teks Berita

Suvara Fatmawati

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan mpetode discovery learning dan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks berita. Penelian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan data penelitian berupa data sekunder yang relevan dengan topik pembahasan. Data yang dikumpulkan berasal dari sebuah artikel,jurnal, buku, dokumen yang terkait dengan keterampilan menulis. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya siswa yang kurang mampu dalam menulis teks berita. Antara lain seperti kesulitan mengembangkan sebuah berita, kurangnya penguasaan kosa kata dan kurangnya memperleh gambaran yang jelas tentang peristiwa.

Kata kunci— Studi Pustaka, Keterampilan Menulis, Disscovery Larning.

 

Abstract— This study aims to determine the use of discovery learning methods and audiovisual media on the skills of writing news texts. This research is a library research with research data in the form of secondary data relevant to the topic of discussion. The data collected comes from an article, journal, book, document related to writing skills. This research was conducted because there are many students who are less able to write news texts. Among other things, such as difficulty developing a news story, lack of vocabulary mastery and lack of obtaining a clear picture of events.

Keywords Literature Study, Writing Skills, Discovery Larning.


Keywords


Literature Study, Writing Skills, Discovery Larning.

Full Text:

PDF

References


Arum, S. (2022). Korelasi keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas x sma negeri 1 pasaman.

Hutabarat, C. R. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 23 Medan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 289-300). FBS Unimed Press.

Istidah Anik, Suherman Usep & Holik Abdul. (2022). Peningkatan hasil belajar ipa tentang materi sifat-sifat cahaya melslui metode discovery learning. Jurnal pendidikan islam. 2(1).

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.