Pemanfaatan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Editorial

Rina Falakhiya

Abstract


abstrak—Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model concept sentence dan media gambar terhadap kemampuan menulis teks editorial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada kemampuan menulis teks editorial. Siswa kurang mampu dalam pembelajaran teks editorial disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah mereka kesulitan menemukan ide dan kemudian merangkainya dalam sebuah kata yang baik. Diperlukan model-model pembelajaran inovatif sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis/pendekatan studi kepustakaan (Library Research). Studi kepustakaan merupakan studi yang dalam mengumpulkan data menggunakan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, jurnal, buku, majalah, kisah-kisah sejarah dsb. Data yang dikumpulkan dan di analisis seluruhnya berasal dari literatur maupun bahan dokumentasi lainnya, seperti tulisan di jurnal, maupun media lain yang relevan dan masih di kaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model concept sentence terbukti efektif terhadap kemampuan menulis teks editorial.

Kata kunci— Teks Editorial, Concept Sentence, Media Gambar

 

 

Abstract—The purpose of this study was to determine the effectiveness of the concept sentence model and image media on the ability to write editorial texts.  This research is motivated by the low student learning outcomes in the ability to write editorial texts.  Students who are less capable in learning editorial texts are caused by several factors, one of which is that they have difficulty finding ideas and then arranging them in a good word.  Innovative learning models are needed as an effort to improve student learning outcomes.  This type of research uses the type/approach of library research (Library Research).  Library study is a study that collects data using the help of various materials in the library such as documents, journals, books, magazines, historical stories, etc.  The data collected and analyzed are entirely derived from literature and other documentation materials, such as articles in journals, as well as other relevant media and are still being studied.  The results of this study indicate that the concept sentence model is proven to be effective on the ability to write editorial texts

Keywords— Editorial Text, Concept Sentence, Image Media


Keywords


Editorial Text, Concept Sentence, Image Media

Full Text:

PDF

References


Ain, N. Q. (2018). Pengaruh Model Concept sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindoPersada, 2006.

Cahyani, N. W. S. Y.A (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2 No 2, 203–210.

Hamalik, 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hapsari, D. S., & Sutansi, A. M. (2018). Model Concept sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan), 13–20.

Hartono, B. (2002). Evaluasi Keterampilan Menulis. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Pengembangan Materi Membaca dan Menulis bagi Guru SLTP Tahun 2002, Semarang, Jawa Tengah, 15 s.d. 22 Oktober 2002.

Hermawati, W. A. C. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Concept sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V, 38–49.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iskandarwassid, dan Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jonathan Sarwono;. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif Yogyakarta : Graha Ilmu.

L Khaq, A. I., & Muhajir. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Concept sentence Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Kelas Iii Sd Negeri Karangrejo 01 Bonang Demak. Elementary School Volume 6 Nomor 2, 155 -160

Laelasari, Oktavia, L., & Mustika, I. (2018). Pengaruh Bahasa Alay Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Di Kalangan Mahasiswa Ikip Siliwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Volume 1 Nomor 5, 675-680.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuzulia, N. (2020). Keefektifan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp N 3 Mranggen Tahun Pelajaran 2018/2019. Dwijaloka Vol I No. 1, 19-26.

Putri, N. P., Ganing, N. N., & Sujana, I. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Journal For Lesson And Learning Studies Vol. 3 No.2, 221-229.

Rivers, W. L. (2004). Media Massa dan Masayarakat Modern. Jakarta: Kencana.

Rohanah, E. (2015). Upaya Peningkatan Memahami Struktur Kaidah Isi Teks Editorial dengan Metode Guided Discovery Di Kelas XII SMA Ciasem, 11(1), 9–16.

Sumerti, N. L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept sentence Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri. Ejurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1–10.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan, H. (2008). Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wardani, F. D., Yelly, P., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept sentence Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai Ilmu Pendidikan, 117-186.

William, R. dan M. cleve. (2005). Praktik Jurnalistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Wit, N., & Wahyuni, F. R. E. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Concept sentence Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Alat Indra Manusia Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2017/2018. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2, 32–40.

Wit, N., Wahyuni, F. R., & Supiandi, M. I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Concept sentence Terhadap Hasil Belajar Kognitifsiswa Pada Materi Alat Indra Manusia Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2017/2018.Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1, 32 – 40


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.