Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

Amiratun Nandiyah

Abstract


abstrak— Pada penelitian ini, akan difokuskan pada materi membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun pada kenyataannya kemampuan siswa dalam membaca materi tersebut masih kurang. Kebanyakan dari mereka belum senang untuk membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan guru, meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengetahui kendala-kendala dan respon siswa dalam penerapan metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research classroom), karena penelitiannya dilakukan untuk memec hkan permasalahan yang terjadi di kelas.

         Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) peningkatan aktivitas siswa berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa, (2) pengamatan aktivitas belajar kelas menunjukkan hasil yang positif. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah: (1) guru dapat menerapkan role playing untuk meningkatkan prestasi siswa dalam hal guru harus menyajikan garis besar materi. (2) siswa disarankan untuk membaca suatu materi agar lebih aktif menggali imajinasi dan merespon secara positif proses pembelajaran.

 

Kata kunci—Metode Role Playing, aktivitas membaca siswa, pembelajaran bahasa Indonesia, siswa kelas v.

 

Abstract— In this study, it will be focused on students' reading material in learning Indonesian. But in fact the ability of students to read the material is still lacking. Most of them are not yet happy to read. The purpose of this research is to increase the activities of students and teachers, improve student learning outcomes, and find out the constraints and student responses in the application of the role playing method. This research is classroom action research, because the research is conducted to solve problems that occur in the classroom.

 The conclusions of this study are: (1) an increase in student activity has an impact on increasing student achievement, (2) observations of classroom learning activities show positive results. Suggestions related to the results of this study are: (1) teachers can apply role playing to improve student achievement in terms of teachers having to present an outline of the material. (2) students are advised to read a material to be more active in exploring imagination and responding positively to the learning process.

 

Keywords— Role Playing method, student reading activity, Indonesian language learning, v grade students.


Keywords


Role Playing method, student reading activity, Indonesian language learning, v grade students.

Full Text:

PDF

References


Mahaputra. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil SDN Bungkulan Tahun Pelajaran 2016/2017

Aprinawati. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas I SDN 001 Bangkinang.

Arifiyati, Etty. 2014. Model Role Playing Pada Materi Keputusan Bersama Mata Pelajaran PKn. Jurnal Dinamika, Volume 4 Nomor 3.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Dalyono, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. Dharma, Kusuma

Kelana. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar.

Rineka Cipta. Jakarta.

Ernani, Ahmad Syarifuddin. 2015. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI Volume 2 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.