Pemanfaatan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA (Sains) di SMP

Siti Fauziyah

Abstract


abstrak— Metode Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA (SAINS), yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar siswa, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Penelitian untuk penulisan dibatasi pada pemecahan masalah dari beberapa segi yaitu kondisi psikologis siswa, kondisi sosial siswa, dan kondisi akademis siswa. Penelitian menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa asing sering dikenal Classroom Action Research (CAR) dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain putaran spiral, menggunakan III siklus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA (SAINS) bagi siswa VII SMP Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi, data tentang efektivitas penerapkan Quantum Learning. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa diambil dengan memberikan tes kepada siswa yang berupa soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban (option) yang berjumlah 20 soal pada setiap akhir siklus, data tentang hasil penilaian kegiatan siswa dengan menggunakan lembar penilaian kegiatan siswa untuk setiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (SAINS).. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan bagi munculnya penelitian baru. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dalam dunia penelitian pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia baik. Tujuan utama pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah agar siswa memahami konsep-konsep IPA secara sederhana dan mampu menggunakan metode ilmiah, bersikap

Kata kunci—Quatntum Learning, Sains, SMP

 

Abstract— Quantum Learning method as an alternative in science learning (SAINS), which brings students to learn in a more comfortable and enjoyable atmosphere. Students will be freer in finding new experiences in their learning, so it is hoped that various student learning activities will grow. In student learning activities, teachers act as movers or mentors, while students act as recipients or those who are guided. Research for writing is limited to solving problems from several aspects, namely students' psychological conditions, students' social conditions, and students' academic conditions. The research uses the Classroom Action Research (CAR) model or in a foreign language often known as Classroom Action Research (CAR) with the research design used in this research is a spiral loop design, using III learning cycles. This Classroom Action Research (CAR) aims to determine the increase in learning outcomes of science subjects (SCIENCE) for students of VII SMP. The data collection methods used in this study used qualitative and quantitative methods. The data obtained qualitatively are observation data, data about the effectiveness of implementing Quantum Learning. Data obtained quantitatively is data about student learning outcomes taken by giving tests to students in the form of multiple choice questions with 4 answer choices (options) totaling 20 questions at the end of each cycle, data about the results of student activity assessments using student activity assessment sheets. for each group. The results show that the application of the Quantum Learning method can improve student learning outcomes in science subjects (SCIENCE). Based on the results of this study, it is suggested that it can be a bridge for the emergence of new research. This research is also expected to add insight in the world of educational research so that the quality of education in Indonesia is good. The main purpose of learning Natural Sciences (IPA) is for students to understand simple science concepts and be able to use scientific methods, behave.

Keywords—Quantum Learning, Science, Junior High School


Keywords


Quantum Learning, Science, Junior High School

Full Text:

PDF

References


De Porter,Bobbi dan Mike Hernachi. terjemahan Alwiyah Abdurrahman. 2000.

Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Sunaryo, PVM. 2001. Penerapan Prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Meningkatkan Keefektifan Proses Pembelajaran IPA di SD di Kodya Tegal dalam Jurnal Pendidikan Volume 2.1. http://202.159.18.43/jp/21 Sunaryo.htm.

Kemala, Rosa. 2006. Buku Paket Jelajah IPA Untuk Kelas 5 SD. Jakarta: Yudistira.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.