Strategi Pembelajaran Daring untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa

Alifatul Maula, Meilan Arsanti

Abstract


abstrak— Pemakaian media online menjadi pilihan di masa pandemi Covid-19 yang melanda beberapa negara di dunia. Wabah Covid-19 mengakibatkan sistem pendidikan menjadi berubah. Dalam peningkatan kualitas pembelajaran, strategi pembelajaran daring mulai menyentuh sistem pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memahami strategi pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa berbagai teknologi serta media pendukung digunakan untuk mengoptimalkan pembelajaran daring, namun ada beberapa kendala yang muncul dalam penerapannya. Oleh karenanya, berbagai inisiatif dilakukan untuk dapat meminimalkan kendala yang dihadapi dan menumbuhkan minat belajar siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

Kata kunci—sistem pendidikan, pembelajaran daring, dan minat belajar

 

Abstract— The use of online media is an option during the Covid-19 pandemic that hit several countries in the world. The Covid-19 outbreak has changed the education system. In improving the quality of learning, online learning strategies are starting to touch the system of education. The purpose of this research is to know and understand online learning strategies to foster student interest in learning. The researcher used a qualitative approach with a descriptive method. The results of this study are that various technologies and supporting media are used to optimize online learning, but there are several obstacles that arise in its application. Therefore, various initiatives were carried out to minimize the obstacles faced and foster student interest in learning to get a meaningful learning experience.

Keywords—education system, online learning, and interest in learning


Full Text:

PDF

References


Aji F.D, Wahyu, Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 April 2020.

B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Dewi, A. W. (2020). Dampak COVID_19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 55-61.

Isman, Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING), ISBN: 978-602-361-045-7, 2016.

Khanifatul, Pembelajaran Inovatif: Strategi Kelas secara Efektif dan Menyenangkan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 99-110.

Syaikhudin, Ahmad, Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Lisan Al –Hal Vol. 7, No. 2, 2013.

Wang, V. C. (2019). Handbook of Research on E-Learning Applications for Career and Technical Education: Technologies for Vocational Training. USA: IGI Global.

Watts, N. (2010). Reflecting On Models On Models For Online Learning In Theory. AIHE-J, 19.1-19.12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.