Penggunaan Media Sosmed dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Era Society 5.0

Firnanda Rizky Purnama, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak—Di era 5.0 sekarang ini, media sosial sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua orang masyarakat khususnya mahasiswa. Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan. ini baik-baik saja Menjadi landasan untuk membuat media pembelajaran. Salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan Media pembelajarannya adalah Instagram. Pembelajaran ini tidak hanya tatap muka Tapi bisa juga digunakan secara online. Instagram bisa menyebarkan informasi ke public Ramai, informasi dapat berupa topik yang bermanfaat bagi siswa atau pengetahuan umum masyarakat luas. Artikel ini akan membahas cara menggunakan dan Kelebihan/Kekurangan Instagram sebagai   media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Kata kunci—Era 5.0, Pembalajaran Bahasa dan Sastra, Instagram

 

Abstract—In the current 5.0 era, social media has become a must-have for all people, especially students. Social media has become a part of life. This is fine. Be a foundation for creating learning media. One of the social media that you can use for learning media is Instagram. This learning is not only face to face but can also be used online. Instagram can disseminate information to the public. Many people, information can be topics that are useful for students or general knowledge of the wider community. This article will discuss how to use and the advantages/disadvantages of Instagram as a medium for learning Indonesian language and literature.

Keywords—Era 5.0, Language and Literature Learning, Instagram


Keywords


Era 5.0, Language and Literature Learning, Instagram

Full Text:

PDF

References


Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. (Vol. 1) (No. 4).

Kamhar, Muhammad Yusi. Pemanfaatan Sosial Media Yotube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. INTELEGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan. (Vol. 1) (No. 2).

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. ARRIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar. (Vol. 2)(No.1)

Komariah, Nur. 2016. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran ICT. Jurnal I-Afkar. (Vol. 5) (No. 1).

Mahnun, Nunu. 2012. MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. (Vol. 37) (No. 1).

Mansyur, Umar. 2016. Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. Jurnal Retorika. (Vol. 9) (No. 2).

Muslih. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Lembaga Pendidikan NonFormal TPQ. DIMAS. (Vol. 16) (No. 2).

Nursamsu. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembalajaran IPA. (Vol. 1) (No. 2).

Santoso, Agus Dwi. 2016. Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif Untuk Mendukung Blended Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Banjar. eJournal Edutech. (Vol. 5) (No. 2).

Sari, Resmi. 2017. Pengembangan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya. (Vol. 1) (No. 4).

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Junal Komunikasi Pendidikan. (Vol. 2) (No. 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.