Inovasi Pembelajaran untuk Mahasiswa di Era Pandemi

Muhammad Ridwan, Meilan Arsanti

Abstract


abstrak—Pandemi yang terjadi saat ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap berbagai aspek kehidupan seperti teknologi, ekonomi, politik, kesehatan, dan khususnya pendidikan. Semua jenjang pendidikan merasakan dampak dari pandemi yang terjadi, maka dari itu berbagai cara dilakukan untuk tetap berjalan sebagai mana mestinya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi apa saja yang telah dilakukan untuk medukung kegiatan perkuliahan yang cocok bagi mahasiswa pada prodi Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan ialah metode deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa berbagai inovasi yang dibuat seperti pembelajaran jarak jauh menggunakan media zoom dan google meet, menganalisis video youtube, review jurnal serta menggunakan media sosial facebook dan Instagram, telah membantu mahasiswa agar perkuliahan tetap berjalan sebagai mana mestinya, meringankan mahasiswa dari segi ekonomi, memudahkan mahasiswa untuk mengeksplor materi melalui internet. Kesimpulan dari penelitian ini ialah inovasi tersebut memang membantu mahasiswa, walaupun begitu juga memiliki beberapa dampak negatif terhadap mahasiswa itu sendiri dan perlu untuk dijadikan perhatian bagi dosen serta kampus.

Kata kunci—Inovasi, Pembelajaran, Pandemi

 

Abstract— The current pandemic has a huge impact on various aspects of life such as technology, economics, politics, health, and especially education. All levels of Education feel the impact of the pandemic, therefore various ways are done to keep running as it should. In this study aims to determine what innovations have been done to support Lecture activities that are suitable for students in the Indonesian language study program. The research method is qualitative descriptive method. This research shows that various innovations made such as distance learning using zoom and google meet media, analyzing youtube videos, reviewing journals and using social media facebook and in-stagram, have helped students to keep the course running as it should, relieve students in terms of economy, facilitate students to explore material through the internet. The conclusion of this study is that the innovation does help students, although it also has some negative impact on the students themselves and needs to be used as attention for lecturers and campuses.

Keywords— Innovation, Learning, Pandemic


Keywords


Innovation, Learning, Pandemic

Full Text:

PDF

References


Hasbullah, Dasar –Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, h. 1.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, A., & AJ, A. (2018). Inovasi pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65.

Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.