Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA dengan Memanfaatkan Aplikasi Instagram

Rohma Wati Ningsih, Rani Jayanti

Abstract


abstrak— Keterampilan Menulis dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengungkapkan ide, gagasan pikiran, kepada orang lain dengan menggunkana bahasa Tulis,  dengan kata lain menulis merupakan kegiatan yang menghasilkan suatu karya.  Dengan menulis seseorang dapat melatih kretivitasnya dalam menghasilkan karya, bisa juga memperkuat daya ingatnya.  Menulis cerpen  merupakan kegiatan membuat sebuah cerita pendek yang habis dibaca dalam satu kali duduk. Panjang penulisan cerpen berkisar antara 500 hingga 1000 kata. Dengan adanya aplikasi Instagram kita bisa berkomunikasi dengan orang disekitar kita yang sama-sama menggunakan aplikasi Instagram. Intagram merupakan  sebuah aplikasi media sosial yang dapat diakses oleh hampir seluruh orang.  Dengan Instagram juga seseorang dapat mengupload foto atau video dan dapat dipublikasikan. Dengan adanya Instagram kita bisa memberikan motivasi tentang meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Lewat instagram kita juga bisa mencari bagaimana cara menulis cerpen yang baik dan benar. Selain itu kita bisa memperkenalkan hasil tulisan cerpen kita lewat Instagram. Dari penelitian yang telah dilakukan tentu ada pengaruh atau hubungan antara keterampilan menulis cerpen dengan media sosial instagram, lewat instagram kita bisa memperkenalkan karya tulisan yang telah dibuat. Jadi semua orang bisa mengetahui bahwa kita memiliki karya yang bagus dan layak untuk dibaca.

Kata kunci— Keterampilan Menulis, Cerpen, Manfaat Aplikasi Instagram

 

Abstract— Writing skills can be interpreted as the ability to express ideas, thoughts, to others using written language, in other words writing is an activity that produces a work. By writing a person can train his creativity in producing works, it can also strengthen his memory. Writing short stories is the activity of making a short story that can be read in one sitting. The length of short stories ranges from 500 to 1000 words. With the Instagram application, we can communicate with people around us who both use the Instagram application. Instagram is a social media application that can be accessed by almost everyone. With Instagram also someone can upload photos or videos and can be published. With Instagram, we can provide motivation about improving short story writing skills. Through Instagram, we can also find out how to write good and right short stories. In addition, we can introduce the results of our short stories through Instagram. From the research that has been done, of course there is an influence or relationship between short story writing skills and Instagram social media, through Instagram we can introduce the writings that have been made. So everyone can know that we have a good work that deserves to be read.

Keywords— Writing Skills, Short Story, Instagram app


Keywords


Writing Skills, Short Story, Instagram app

Full Text:

PDF

References


Hatmo, K. T. 2021. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: Penerbit: Lakeisha.

Sari, D.N. & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram :Media sosial Instagram sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. Communication Journal, vol 3, no 1.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Prasetyaningsih (2014). Pengertian cerpen. Pada laman https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/42881/MTQ3MDI3/Kritik-sosial-dalam-cerkak-Irul-S-Budianto-tinjauan-sosiologi-sastra-abstrak.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.