Pemanfaatan Model TTW (Think Talk Write) pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi

Isti Sa'adah

Abstract


abstrak—Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat model pembelajaran TTW (Think Talk write) pada pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library reseach). Data pada penelitian ini adalah data sekunder yang relevan dengan topik pembahasan. Sumber data berasal dari sumber pustaka buku dan artikel ataupun dokumen yang dibaca, dicatat, dan dianalisis. Prosedur penelitian ini menggunakan teori Mery W. George dengan menerapkan sembilan langkah proses penelitian studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan sintaks dan manfaat dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan model TTW (Think Talk Write) yang diperkenalkan oleh Huinker dan Laughlin dan berdasarkan teori Ansari dan Martinis (2012). Penelitian ini menyimpulkan bahwa model TTW dapat dimanfaatkan pada pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi karena dapat melatih siswa berpikir mandiri, memupuk keberanian siswa untuk mengemukaan pendapat dalam bentuk tulisan, membagi ide dengan temannya sebelum menulis dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sistemastis pada siswa, serta mampu mengajak siswa berpikir kritis, bekerja sama dan terampil dalam menulis terutama menulis karangan argumentasi.

Kata kunci—model ttw, keterampilan menulis, karangan argumentasi

 

 

Abstract— The purpose of this study was to determine the benefits of the TTW (Think Talk write) learning model in learning argumentative essay writing skills.  This research is a library research.  The data in this study are secondary data that are relevant to the topic of discussion.  Sources of data come from library sources of books and articles or documents that are read, recorded, and analyzed.  This research procedure uses the theory of Mery W. George by applying the nine steps of the literature study research process.  The results show the syntax and benefits in learning argumentative essay writing skills using the TTW (Think Talk Write) model introduced by Huinker and Laughlin and based on the theory of Ansari and Martinis (2012).  This study concludes that the TTW model can be used in learning argumentative writing skills because it can train students to think independently, foster students' courage to express opinions in written form, share ideas with friends before writing and can improve students' systematic problem solving skills, and able to invite students to think critically, work together and be skilled in writing, especially writing argumentative essays.

Keywords— ttw model, writing skill, argumentative essay


Keywords


ttw model, writing skill, argumentative essay

Full Text:

PDF

References


Afriyani, A.D.N., Chotim, M., Hidayah, I. (2014). Ke Efektifan Pembelajaran TTW dan SGW Berbantuan Kartu Sosial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.Unnes Journal of Mathematics Education.3(1)

Cahyaningrum, F., Andayani., Saddhono. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share danMedia Audiovisual Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Kebakkramat.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.2(1)

George, M. W. (2008). The elements of library research. New Jersey: Princeton University Press.

Naimnule, L., Oetpah, V., Sila, V. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Di SMUK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,1(10),2050-2053.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDM 020 Kuok.Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,2(1),105-117

Stiawan, A. (2019). Peran Keterampilan Menulis dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Era Society 5.0. In Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. Malang.

Suhendra., Yulia., Eri Sa. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Konstektual untyk Meningkatkan Keterampilan Menulis Biografi.Jurnal Pedagogia,7(2).

Sukartiningsih, W. & Malladewi M. (2013). Peningkatan Keterampilan menulis Narasi Ekspositoris Melal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.