Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 4 SDN Gumeng

Devi Noviana Dewi

Abstract


abstrak—Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia harus mencakup empat aspek: keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penggunaan media gambar menjadi solusi tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan dengan akurat, dalam bentuk paragraf, tetapi juga untuk memperkaya kosakata bahasa anak-anak

Sudah kita ketahui bahwa untuk meningkatkan keterampilan menulis,kita harus menggunakan media salah satunya yaitu media gambar,agar anak-anak bisa secara cepat dan tahu apa yang diajarkan oleh gurunya,sebagai seorang guru kita harus bisa menyadari faktor yang menyebabkan peserta didik tidak bisa atau kurang berminat dalam hal keterampilan menulis.oleh karena itu saya mencoba melakukan hal-hal untuk menaikkan minat siswa agar lebih bisa,lebih kreatif dalam Menuliskan sesuatu hal. Tujuan peneliti yaitu untuk meningkatkatkan keterampilan menulis berbentuk paragraf dengan cara mendeskripsikan gambar tersebut.

Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa kegiatan kelas. Sifat PTK adalah kolaborasi partisipatif, yaitu kolaborasi antara peneliti dan guru Indonesia. Peneliti mengkhususkan diri di kelas 4 SDN Gumeng. Karena kemampuan menulisnya hampir di bawah ratarata dan tidak memenuhi standar yang ditetapkan sekolah

Kata kunci—Media Gambar Kartun, Keterampilan Menulis, Paragraf

 

 

Abstract—Learning Indonesian language and literature has a goal to improve students' language skills.  Therefore, learning Indonesian language and literature must cover four aspects: listening, speaking, reading, and writing skills.  The use of image media is a solution not only to improve the ability to write essays accurately, in the form of paragraphs, but also to enrich children's language vocabulary.

We already know that to improve writing skills, we must use media, one of which is picture media, so that children can quickly and know what the teacher is teaching, as a teacher we must be able to realize the factors that cause students to be unable or lacking  I am interested in writing skills. Therefore, I try to do things to increase students' interest so that they can be more creative in writing things.

The aim of the researcher is to improve writing skills in the form of paragraphs by describing the image.

In this study, the approach used is qualitative research in the form of classroom activities.  The nature of CAR is participatory collaboration, namely collaboration between Indonesian researchers and teachers.  The researcher specializes in grade 4 SDN Gumeng. Because his writing ability is almost below average and does not meet the standards set by the school

Keywords— Cartoon Media,Writing Skill,Paragraph


Keywords


Cartoon Media,Writing Skill,Paragraph

Full Text:

PDF

References


Adnan, & Kurniawati, R. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar, 4(1), 22-28.

Arief, D. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Proses Menulis Bagi Siswa SD 09 Bungus Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Arief, D., Muhammadi, & Nasrul. (2018). Pengembangan Literasi Menulis Prosa dengan Menggunakan Guided Writing sebagai Upaya Pencerdasan Karakter Menuju Generasi Emas untuk Siswa SD. Repository UNP.

Arifin, M. H. (2018). Penerapan Model Guantum Writer Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar (PTK Di Kelas V Sekolah Dasar Cangkuang 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.