Pemanfaatan Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi

Tri Wahyuni Hidayatul Umroh

Abstract


abstrak—Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat aplikasi instagram sebagai media pembelajaran menulis puisi. Keterampilan menulis puisi dapat dikembangkan melalui latihan yang berkesinambungan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah siswa kurang dapat menentukan tema dalam menulis puisi, siswa kesulitan mengungkapkan gagasan atau ide, siswa kurang dapat memilih kumpulan kata yang tepat dan indah serta kurangnya media pembelajaran saat materi menulis puisi. Hal ini didukung oleh (Azizah, 2015) yang menyatakan bahwa kurangnya pemahaman siswa disebabkan oleh cara menyampaikan pembelajaran yang kurang menarik, guru jarang menggunakan media pembelajaran, dan penilaian dilaksanakan oleh guru banyak berupa teori.

Penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka (library research) berupa penggunaan data sekunder yang sesuai dengan topik pembahasan. Sumber data yang digunakan dapat berupa artikel, buku maupun jurnal yang relevan. Adapun hasil yang diperoleh siswa yakni dalam kegiatan pembelajaran siswa begitu antusias dalam menulis dengan menggunakan instagram. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang lebih menarik dan lebih bervariatif. Pendapat ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh (Mita Listiawati dkk.,2019) yang menyatakan bahwa Penggunaan media Instagram model Quantum Teaching pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas X MM SMK Hasyim Asy’ari Pucuk Lamongan memberikan pengaruh positif terhadap respon siswa. Nilai rata-rata kelompok pretes yaitu sebesar 61,36 meningkat menjadi 71,16.

Kata kunci—Aplikasi Instagram, Menulis, Puisi

 

 

Abstract—The purpose of this study was to determine the benefits of the Instagram application as a medium for learning to write poetry.  Poetry writing skills can be developed through continuous practice.  Facts in the field show that students' poetry writing skills are still low.  This is caused by several factors, including students who are less able to determine the theme in writing poetry, students have difficulty expressing ideas or ideas, students are less able to choose the right and beautiful collection of words and the lack of learning media when writing poetry material.  This is supported by (Azizah, 2015) which states that the lack of student understanding is caused by a way of delivering learning that is less attractive, teachers rarely use learning media, and the assessment carried out by teachers is mostly in the form of theory.

 This research uses library research in the form of secondary data that is appropriate to the topic of discussion.  Sources of data used can be articles, books or relevant journals.  The results obtained by students are that in learning activities students are so enthusiastic in writing using Instagram.  This is because learning is more interesting and more varied.  This opinion is strengthened by the results of research conducted by (Mita Listiawati et al., 2019) which states that the use of the Quantum Teaching model Instagram media in learning to write poetry for students of class X MM SMK Hasyim Asy'ari Pucuk Lamongan has a positive influence on response  student.  The average value of the pretest group is 61.36, increasing to 71.16.

Keywords— Instagram App, Writing, Poetry


Keywords


Instagram App, Writing, Poetry

Full Text:

PDF

References


Bexheti, Lejla A, Burim E. Ismaili, and Betim H. Cico. 2014. “An Analysis of Social Media Usage in Teaching and Learning: The Case of SEEU.” Proceedings of the International Conference on Circuits, Systems, Signal Processing, Communications and Computer: 90-94.

Chun, D., Smith, B., & Kern, R. 2016. Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.12302

Irwandani & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, vol. 5, no. 1, hal 34-42.

Listiawati, Mita.,Nisaul Barokati., Laila Tri Lestari. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Instagram Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Hasyim Asy’ari Pucuk Lamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol.5, No.1

Tampubolon, A. (2018). Kelas PPKn Pak Kribo. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Utami, R. P. Probosari, R. M. & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Surakarta. BIO-PEDAGOGI, Jurnal Pembelajaran Biologi, vol 4. No 1, 47-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.