Pemanfaatan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa SMP

Riza Lestari

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan membahas efektifitas model pembelajaran inquiry based learning dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMP. Problem dalam studi yang peneliti angkat, adalah berawal dari nilai Bahasa Indonesia siswa yang belum maksimal, hal ini dikarenakan pembelajaran monoton dan siswa kurang aktif, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan penggunaan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan Studi Kepustakaan terhadap model Inquiry Learning pada hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari studi Kepustakaan, Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan pendapat dan hasil penelitian dari referensi yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini. Dari beberapa sumber yang peneliti ambil dan kutip berdampak kepada proses pembelajaran dan nilai Bahasa Indonesia yang memberikan pengaruh yang berarti dari model Inquiry Learning terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa, penelitian ini dengan menggunakan studi literatur adalah model Inquiry Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Inquiry Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa. dari pendapat para ahli dapat tarik suatu kesimpulan bahwa model inquiry learning berpengaruh dalam hasil belajar, dikarenakan keaktifan siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor dari keaktifan siswa, motivasi siswa, yang berefek kepada hasil dari pembelajaran yang baik juga.

Kata kunci—Model Inquiry Learning, Model Pembelajaran, Keterampilan Berbicara

 

 

Abstract— This study aims to discuss the effectiveness of the inquiry-based learning model in improving Indonesian language learning for junior high school students.  The problem in the study that the researcher adopted was that the students' Indonesian grades were not maximized, this was due to monotonous learning and students were less active, to overcome these problems it was necessary to use an effective learning model to improve student learning outcomes.  This type of research is a study using a literature study on the Inquiry Learning model on student learning outcomes.  Data collection techniques were obtained from library studies. This research was conducted by comparing opinions and research results from references taken by researchers in this study.  From several sources that the researchers took and quoted the impact on the learning process and the value of Indonesian which gave a significant influence of the Inquiry Learning model on Indonesian language learning in students, this research using literature study is the Inquiry Learning model in increasing student activity, in increasing student motivation.  -student learning motivation, in improving students' critical thinking skills.  This shows that there is an effect of the Inquiry Learning model on Indonesian language learning outcomes for students.  From the opinion of experts, it can be concluded that the inquiry learning model has an effect on learning outcomes, because student activity is influenced by several factors, namely student activity, student motivation, which has an effect on good learning outcomes as well.

Keywords— Inquiry Learning Model, Learning Model, Speaking Skills


Keywords


Inquiry Learning Model, Learning Model, Speaking Skills

Full Text:

PDF

References


Hanura., (2020). Studi Eksperimen Model Inquiry Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Studi Literatur. DE JOURNAL (Dharmas Education Journal). 1(2), 64-70.

Kristiana Dewi.,(2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 25 No. 3.

Rahmi, Y. L., Ardi, A., & Novriyanti, E. (2017). The Validity of Guided Inqury-Based Teaching Materials on Management and Technique Laboratory. Bioeducation Journal, 1(2), 10-17.

Wahyuni Sri, Arisa., (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMP Kecamatan Sabbang Paru. Jurnal KIBAPS (Kajian, Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. 1(2).

Wahyuni, S., & Arisa, A. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMP Kecamatan Sabbangparu. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 212-222.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.