Keterkaitan Kemampuan Baca Siswa Terhadap Keterampilan Menulis

Reny Rizky Putri Lailatul Fitri, Rani Jayanti

Abstract


abstrak—Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Bahasa. Bahasa Indonesia bukan hanya sekedar mengucap, karena cakupan bahasa Indonesia cukup luas sehingga perlu adanya proses belajar. Mata pelajaraan bahasa Indonesia sangatlah penting untuk kita pelajari, menurut KBBI dalam pelajaraan bahasa Indonesia terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya terhadap kemampuan membaca dan keterampilan menulis. Menulis adalah salah satu kegiatan yang berhubungan dengan membaca, dengan seringnya membaca dan menyukai beberapa karya tulis dari seorang penulis yang kita kagumi, maka secara tidak langsung sama dengan kita belajar memahami bahasa atau mengenal gaya tulisan dari penulis buku tersebut. Dalam hal ini keterkaitan membaca sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis, karena membaca dapat memperoleh informasi yang ada dalam bacaan tersebut dan memahami isi dalam bacaan. Membaca berpengaruh terhadap kosa kata, lambang-lambang visual, tanda titik, koma, petik dan huruf konsonan yang akan kita terapkan dalam tulisan agar pembaca dapat memahami dan menyukai tulisan kita. Sedangkan keterampilan menulis adalah kemampuan kita untuk mengungkapkan ide, gagasan pikiran kepada orang lain melalui tulisan dan menulis merupakan kegiatan kretifitas kita yang dapat menghasilkan suatu karya.  

Kata kunci—Manfaat membaca, keterampilan menulis.

 

 

Abstract—Indonesia is a country that is rich in languages. Indonesian is not just speaking, because the scope of Indonesian is wide enough so that there ia a need for a learning process. Indonesian language subjects are very important for us to learn, according to the KBBI in Indonesian language lessons there are several things that must be considered, one of which is the ability to read and write skills. Writing is one of the activities related to reading, with frequent reading and liking some written works of an author we admire, it is indirectly the same as learning to understand the language or recognize the writing style of the author of the book. In this case, the relationship between reading is very influential on writing skills, because reading can obtain the information contained in the reading and understand the contents in the reading. Reading affects vocabulary, visual symbols, periods, commas, quotes and consonants that we will apply in writing so that readers can understand and like our writing. While writing skills are our ability to express ideas, thoughts to others through writing and writing is our creative activity that can produce a work.

Keywords— benefit of reading, writing skills


Keywords


benefit of reading, writing skills

Full Text:

PDF

References


Anwar W, Almana E, Santa S. Pengaruh Kegemaran Membaca Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Riset Pedagogik (2019) 3(1) 80. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.33920

Botty, M. The Correlation Between Creativity and Learning Results Of Indonesia. JIP: Scientific Journal PGMI, 2018. DOI: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=DOI+https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.19109%2Fjip.v4i1.2265++&btnG=

DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Dr. H. Dalman, M.Pd. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Fauziah, Nurul. Analisis Hubungan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Pemulaas Siswa. Jurnal Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Hapsari, ED. Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2019. Vol 20, No 1 (2019) DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Harras, KA. Hakikat dan Proses Membaca. Vol. 5 No. 2 (2018): JURNAL BASIS UPB. DOI: https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i2.780.

Jasid, Andhara. Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Andhara Jasid, (2019). DOI: 10.31219/osf.io/n5f4m

Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan. 2015. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV. ANGKASA.

Prof. Dr. Iwan Nugroho. 2018. Menulis Membangun Kekuatan dan Motivasi Kehidupan yang Bermanfaat. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Rahayu, Aryanti. Salim, Nur. Hakikat Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal. Unisda . ac.id. PENTAS: Mei 2021. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2201/1640

Rinawati, A. Minarwati, LB. Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal Pendidikan, 2020. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Safitri, TM. Susiani, TS. Suhartono, S. Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF, Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021, Vol 3, No 5(2021).. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029

Sari, Khamala, Muri. Fungsi bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan. https://osf.io/preprints/inarxiv/ndsk7/. DOI: 10.31227/osf.io/ndsk7

Yunus, M. A. Mohmamad, S. S. Hakikat Bahasa dan Pembelajaran Bahasa. Modul. http://repository.ut.ac.id/4034/2/PDGK4204-M1.pdf

Yunus, Mohammad, S, S. Hakikat Menulis. Repository. Ut.ac.id. Vol 4 No 2 (2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.