Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia melalui Kegiatan Pengembangan Struktur Paragraf

Kania Risma Elfariani

Abstract


abstrak— Pelaksanaan pembelajaran kemampuan mengembangkan struktur paragraf yang menekankan pada terampil berlatih dapat menghasilkan siswa yang mempunyai motivasi tinggi sesuai hasil ketercapainya dari kegiatan keterampilan menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk menghasilkan tulisan yang utuh tersebut, siswa dituntut beberapa kemampuan sekaligus. Agar dapat menulis dengan baik misalnya, siswa harus memiliki pengetahuan tentang apa yang akan ditulis. Di sampin itu, siswa harus juga mengetahui bagaimana menuliskannya. Pengetahuan yang pertama menyangkut isi karangan, sedangkan yang kedua menyangku aspek-aspek kebahasaan dan teknik penulisan.

Kata kunci—Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia, Struktur Paragraf

 

Abstract— The implementation of learning the ability to develop paragraph structures that are trained to practice can produce students who have high motivation in accordance with their achievements from good and correct Indonesian writing skills. To produce a complete writing, students are required to have several abilities at once. In order to be able to write well, for example, students must have knowledge of what to write. In addition, students must also know how to write. The first knowledge concerns the content of the essay, while the second concerns aspects of language and writing techniques.

Keywords— Writing Skills, Indonesian Language, Paragraph Structure


Keywords


Writing Skills, Indonesian Language, Paragraph Structure

Full Text:

PDF

References


Yunus, Abidin. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung, Rfika Aditamma.

Tarigan, Herny Guntur. 2011. Pengajaran Kosa Kata. Bandung: Pustaka Jaya.

Oka, Gusti Nugraha. 1983. Pengantar Membaca dan Pembelajaranya. Surabaya Usaha Nasional.

Guntur, Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.