Pemanfaatan Aplikasi Siniar sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Indonesia

Muhammad Luthfi Hakim, Meilan Arsanti

Abstract


abstrak—Di era soeciety 5.0 ini, gawai menjadi elemen paling primer bagi setiap manusia untuk menjalani hidup, termasuk kegiatan pembelajaran yang tak luput dari penggunaan gawai. Pelajar dituntut untuk dapat memanfaatkan gawai dengan sebaik-baiknya sebagai sarana pengembangan diri mereka, alih-alih digunakan untuk hal-hal yang membuang waktu. Sedangkan bagi pengajar, mereka dituntut dapat memahami dan mengoptimalkan gawai sebagai sarana dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dengan beragam aplikasi baru yang hadir pada gawai dapat menjadi inovasi sarana pembelajaran di era society 5.0, termasuk aplikasi siniar. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memberi tahu inovasi pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan aplikasi siniar  dalam gawai. Dari data yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi siniar dapat dijadikan inovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terutama aspek berbahasa menyimak dan berbicara.

Kata kunci—Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Siniar

 

 

Abstract— In this era of society 5.0, gadgets are the most primary element for every human being to live life, including learning activities that do not escape the use of gadgets.  Students are required to be able to make the best use of gadgets as a means of developing themselves, instead of being used for things that waste time.  As for teachers, they are required to understand and optimize devices as a means to support teaching and learning activities.  With a variety of new applications that are present on the device, it can be an innovation of learning facilities in the era of society 5.0, including the broadcast application.  The method used in this article uses a descriptive research method.  The purpose of this research is to inform Indonesian language learning innovations using the siniar application on the device.  From the analyzed data, it can be concluded that the use of the siniar application can be used as an innovation in learning Indonesian, especially aspects of listening and speaking.

Keywords— Learning, Indonesian, podcast

Keywords


Learning, Indonesian, podcast

Full Text:

PDF

References


Aditia, S. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Pada Masa Pandemi Covid 19.

Achmadi, A. dan Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta.

Asyar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press: Jakarta.

Djamarah, Syaful Bhari. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Ilsa, Aulya, F. Farida, and M. Harun. “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu vol. 5, no. 1, pp. 288–300, 2020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643.

Phillips, Birgit. (2017). Student-Produced Podcasts in Language Learning – Exploring Student Perceptions of Podcast Activities. IAFOR Journal of Education, volume 5 page 159.

Rajagukguk, M. (2021). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolution Industri 4.0. … Bahasa Dan Sastra Indonesia (Semnas PBSI) ….

Rahmawati, Farida, dan Ragil Idam Widianto Atmojo. (2021). “Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Basicedu. Vol 5, No. 6: 6271–79. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi model Pembelajaran PBI (Problem Based instruction) berbasis Whatsapp sebagai langkah solutif pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 188–197. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708.

Sukawati, S.. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting dan Google Classroom dalam Mata Kuliah Inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.