YouTube sebagai Inovasi Media Pembelajaran

Yuni Sagita Putri, Meilan Arsanti

Abstract


abstrak—Di era globalisasi saat ini,perkembangan teknologi berkembang pesat terutama di Indonesia.Dimana teknologi tersebut dapat menunjang semua kegiatan masyarakat khususnya didunia pendidikan.Salah satunya adalah dengan munculnya gedget yang menggunakan akses internet yang tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana komunikasi,akan tetapi juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.Contohnya adalah youtobe yang merupakan salah satu aplikasi yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan.Dengan adanya youtobe,peserta didik dapat mempelajari berbagai materi yang telah diaploud guru atau sebaliknya peserta didik dapat memberikan presentasi atau membuat konten tentang materi pembelajaran melalui youtobe yang ditonton oleh guru.Dengan adanya hal tersebut,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting youtobe sebagai sarana media pembelajaran dalam dunia pendidikan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Dimana peneliti telah menekankan pada pengamatan fenomena dan kemudian mendiskripsikannya.Berdasarkan hasil pengamatan media youtobe dapat membantu peserta didik mempelajari materi pembelajaran dan mempermudah pemahaman peserta didik.Tidak hanya itu,youtobe juga sebagai media untuk mengasah berpikir kreatif dan inovatif peserta didik dan guru dalam membuat berbagai konten pembelajaran.Mereka juga merasa nyaman dan tidak cepat bosan karena melihat video pembelajaran yang dikemas semenarik mungkin.Dapat disimpulkan bahwa youtobe cocok digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan memudahkan proses pembelajaran karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun walaupun saat belajar di rumah.

Kata kunci—Teknologi, YouTube, Media Pembelajaran

 

 

Abstract—In the current era of globalization, technological developments are growing rapidly, especially in Indonesia.Where this technology can support all community activities,especially in the world of education.One of them is the emergence of gadgets that use internet access which can not only be used as a means of communication, but can also be used as a means of communication. as a learning media.An example is YouTube which is one application that plays an important role in the world of education.With YouTube, students can learn various materials that have been uploaded by the teacher or vice versa, students can give presentations or create content about learning materials through YouTube which watched by the teacher.With this, this study aims to find out how important YouTube is as a means of learning media in the world of education.The method used in this study uses a qualitative descriptive method.Based on the results of observations,YouTube media can help students learn learning materials and make it easier for students to understand.Not only that,YouTube is also a medium to hone creative and innovative thinking of students and teachers in creating various learning content.They also feel comfortable and don't get bored quickly because they see learning videos that are packaged as attractively as possible.It can be concluded that YouTube is suitable for use as an interesting learning medium and facilitates the learning process because it can be accessed anywhere and anytime,even when studying at home.

Keywords— Technology, YouTube, Learning Media

Keywords


Technology, YouTube, Learning Media

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Reni. (2021). Pemanfaatan Youtobe sebagai Media Pembelajaran Daring. ukmpenulis, https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pemanfaatan-youtube-sebagai-media-pembelajaran/

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Yusufhadi. (1985). Media Instruksional. Jakarta: Pusat TKPK Depdikbud.

Mujianto, Haryadi. (2019). Pemanfaatan Youtobe sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol.5;No.1. halaman 135-159. www.journal.uniga.ac.id.

Sudjana, N & Rivai, A. (1992). Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

Suwarto ; Muzaki, Ahmad ; Muhtarom. (2021). Pemanfaatan Media Youtobe sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Vol.12, No.1. pp-26-30. DOI : http//dx.doi.org./10.268 77/mpp.v5i1.7531.

Uswatun Fadilah, Ninik. (2020). Media Pembelajaran. BDK Denpasar Kementrian Agama.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiCmf_fzMj4AhVbRmwGHQ4NAv0QFnoECA4QAQ&url=https%3A%2F%2Fbdkdenpasar.kemenag.go.id%2Fupload%2Ffiles%2FArtikel%2520Media%2520Pembelajaran.pdf&usg=AOvVaw2p8ao1pmify2CyHbm98EIu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.