Inovasi dan Strategi Pembelajaran untuk Menghadapi Era Society 5.0

Lifthihah Anis Ma’rufah, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak-- Teknologi yang terus berkembang secara signifikan di tengah masyarakat dunia menjadi latar belakang adanya peralihan masa yang baru yaitu era society 5.0. Era society 5.0. memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, tak dipungkiri juga di dunia pendidikan termasuk pendidikan di negara Indonesia. Pendidikan di Indonesia secara otomatis harus menyesuaikan perkembangan masa tersebut. Berbagai inovasi harus disesuaikan dengan peralihan zaman yang sedang dihadapi agar kualitas pendidikan tetap aktif dan berkualitas. Keterlibatan pendidik dan peserta didik menjadi subjek krusial untuk membentuk dan menjalankan berbagai inovasi dalam pengaplikasian strategi pembelajaran yang selaras dengan era society 5.0 dengan pemanfaatan teknologi. Tujuan dari kajian ini untuk mengungkapkan berbagai strategi dan inovasi pembelajaran yang tepat pun selaras dengan perkembangan di era society 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai literatur. Adapun hasil penelitian ini dapat menunjukkan inovasi dan strategi pembelajaran guna menghadapi era society 5.0. Adanya inovasi dan strategi dapat menghasilkan peserta didik yang aktif menggali, menemukan, berdiskusi, berpikir kritis, dan inovatif.

Kata kunci — era society 5.0, inovasi strategi pembelajaran.

 

 

AbstractTechnology that continues to develop significantly in the world community is the background for a new transition period, namely the era of society 5.0. The era of society 5.0. have an influence on various fields of life, it is undeniable also in the world of education, including education in Indonesia. Education in Indonesia must automatically adjust to the development of the period. Various innovations must be adapted to the changing times that are being faced so that the quality of education remains active and of high quality. The involvement of educators and students is a crucial subject to form and carry out various innovations in the application of learning strategies that are in line with the era of society 5.0 with the use of technology. The purpose of this study is to reveal various strategies and appropriate learning innovations that are in line with developments in the era of society 5.0. The method used in this research is descriptive qualitative by collecting data from various literatures. The results of this study can show innovations and learning strategies to face the era of society 5.0. The existence of innovations and strategies can produce students who are actively exploring, discovering, discussing, thinking critically, and being innovative.

Keywords— era of society 5.0, strategic innovation learning.

Keywords


era of society 5.0, strategic innovation learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta : PT Renika Cipta.

Astutia, Waluyab, Asikin. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Universitas Semarang. ISSN (2686-6404).

Dzulkifli, & Sari, I. P. (2015). Karakteristik Guru Ideal. 89-93

Fatimaningrum, A.S. (2011). Karakteristik Guru Dan Sekolah Yang Efektif Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0 : Aiming for a New Human-Centered Society. Japan Spotlight Jurnal, 47, 47 – 50. Retrieved from https://www.jef.or.jp/journal/.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (L. Muliastuti, Ed) Jakarta: Kemendikbud.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ria, Desi Rosa. (2020). Guru Kreatif di Era Society 5.0. (https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/3941/3666, diunduh Sabtu 25 Juni 2022).

Suryabrata, S. (2014). Metode penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.