Inovasi Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional
Abstract
Abstrak — Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk model pembelajaran berbasis permainan Engklek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran berbasis permainan engklek guna mengembangkan karakter nasionalis dan gotong royong peserta didik yang valid dan praktis. Produk yang dikembangkan meliputi sintaks model pembelajaran berbasis permainan engklek, dilengkapi dengan jaring-jaring konsep tema dan penilaian autentik. Pembelajaran berbasis permainan Engklek merupakan salah satu pembelajaran yang mengintegrasikan permainan engklek di dalamnya.Model pembelajaran berbasis permainan engklek ini dapat mengembangkan karakter peserta didik.
Kata kunci—Metode Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Permainan Engklek.
Abstract—This research is a product development study of the Engklek game-
based learning model. This study aims to produce a product that is based on crank-play learning models to develop valid and practical nationalist and mutual cooperation characteristics of students. Products developed include the syntax of crank-based learning models, equipped with nets of conceptual themes, lesson plans, media, wor sheets, and authentic judgments. Engklek game-based learning is one of the lessons that integrates crank play in it. This crank game-based learning model can develop the character of students.
Keywords— Learning Method, Character Education, Engklek Game.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Riyadi Agung I. (2020) Inovasi Pembelajaran Berbasis Permainan.
https://blog.kejarcita.id/5-contoh-game-based-learning-yang-bisa-dicoba-oleh-guru/.
https://redaksi.pens.ac.id/2020/10/06/inovasi-pendidikan-berbasis-permainan/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.