Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Menulis Kreatif untuk Siswa Kelas V SDN Manting

Rahma Nur Qabibi, Rani Jayanti

Abstract


abstrak— Dalam menguasai bahasa, menulis adalah hal yang harus dikuasai oleh siswa. Jika dalam menulis siswa mengalami kesulitan, maka semua aspek seperti ber- bicara, menyimak, dan membaca dalam diri siswa tersebut tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang adalah penulisan kreatif khususnya dalam proses pembuatan puisi pada siswa kelas V di SDN Manting. Dalam proses pembuatan puisi membutuhkan ide-ide kreatif dari penulis itu sendiri agar dapat menarik para pembaca untuk menikmati puisi tersebut. Dengan adanya latar belakang tersebut, maka diharapkan siswa mampu menyajikan pemikiran kreatif sebagai karya sastra yang mereka buat sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Manting. Hasil kajian data menunjukkan bahwa penulisan kreatif dalam proses pembu- atan puisi ini walaupun menuangkan sepenuhnya ide-ide, imajinasi yang  dimiliki dengan memanfaatkan bahasa yang dikuasai, harus tetap mengikuti PUEBI.

Kata kunci— Menulis Kreatif, Cerpen, Strategi Menulis Kreatif.

 

 

Abstract— In mastering the language, writing is something that must be mastered by students. If students have difficulty in writing, then all aspects such as speaking, listening, and reading in the student do not work well. Therefore, in this research, the background is creative writing, especially in the process of making poetry for fifth grade students at SDN Manting. In the process of making poetry requires creative ideas from the author himself in order to attract readers to enjoy the poem. With this background, students are expected to be able to present creative thinking as a literary work that they make in ac- cordance with good Indonesian language rules. This study uses a qualitative method. The subject of this research is the fifth grade students of  SDN Manting. The results of the study show that creative writing in the process of making this poem, even though it is en- tirely ideas, the imagination that is owned by using the language mastered, must still fol- low PUEBI.

Keywords— Creative Writing, Short Stories, Creative Writing Strategies


Keywords


Creative Writing, Short Stories, Creative Writing Strategies

Full Text:

PDF

References


Puspitasari, H., Rustono,. Bakti, H., (2014). Peningkatan keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui media film dongeng pada peserta didik kelas VII B MTS Mu’allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra In- donesia. 3 (1).

Rojaki (2012). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran sinektik siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu. Jurnal Ilmiah Guru. (2).

Sidiq, S., Pramono, W., Damayanti, A., (2013). Pelatihan menulis kreatif untuk mengembangkan potensi dan kreativitas anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, , 217-223.

Sismulyasih, N., (2015). Peningkatan keterampilan menulis manuskrip jurnal ilmi- ah menggunakan strategi synergetic teaching pada mahasiswa pgsd unnes. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pen- didikan Universitas Riau, 4 (1). https://media.neliti.com/media/publications/258249- peningkatan-keterampilan-menulis-manuskr-28c9342d.pdf

Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, tujuan, manfaat, karakteristik, prinsip, dan- langkah-langkah penelitian tindakan kelas. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132048521/pengabdian/makalah-ppm-ptk- 2015.pdf

Yarmi G. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa melalui pen- dekatan whole language dengan teknik menulis jurnal. https://media.neliti.com/media/publications/259401-meningkatkan-kemampuan- menulis-kreatif-s-15e0369a.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.