Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Efektifitas Keterampilan Menulis Cerpen

Syafila Chabsarotul Islamiyah, Rani Jayanti

Abstract


abstrak—Menulis cerpen adalah salah satu keterampilan yang membutuhkan beberapa teknik serta metode khusus, banyak siswa yang mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan menulis cerpen, sehingga dalam kegiatan menulis perlu memperhatikan model pembelajaran yang tepat, seperti dengan menggunakan model pembelajaran project-based learning (PjBL). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Metode penelitian ini menggunakan Studi Pustaka (library research) dengan menggunakan prosedur teori dari Mary W. George dengan 9 tahap implementasi penelitian. Pada penelitian ini menghasilkan suatu data, bahwa model pembelajaran project based learning mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam efektifitas menulis cerpen. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dinilai efektif untuk diaplikasikan kepada keterampilan menulis karena dapat memberi peluang kepada peserta didik untuk mengkonstruksi tugas yang  diberikan  guru  dan puncaknya  dapat  menghasilkan suatu karya.

Kata kunci—pembelajaran, menulis cerpen, projek based learning

 

 

Abstract—Writing short stories is one of the skills that requires several special techniques and methods, many students have difficulty when doing short story writing activities, so that in writing activities it is necessary to pay attention to the right learning model, such as using the project based learning (PjBL) learning model. The purpose of this paper is to determine whether the project based learning model is effective in improving short story writing skills. This research method uses library research using theoretical procedures from Mary W. George with 9 stages of research implementation. This research produces data, that the project-based learning model has a significant influence on the effectiveness of short story writing. The conclusion of this study is that the project based learning model is considered effective to be applied to writing skills because it can provide opportunities for students to construct assignments given by the teacher and ultimately can produce a work.

Keywords— learning, writing short stories, project based learning

Keywords


learning, writing short stories, project based learning

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. Doi https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Daswita, D. (2020). Meningkatkan keterampilan menulis Siswa dengan menggunakan model Project Based Learning di Kelas XII IPA 1 SMAN 7 Padang. Menara Ilmu, 14(1). Retrieved from https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/1979/1638.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175¬-185. Doi https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Doi https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu, 11(74). Doi https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.81.

Ginting, E. S. (2020). Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240-250. Doi http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.12334.

Gunawan, P. (2017). Penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing (SAMT) untuk meningakatan keterampilan menulis teks pengumuman Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 223-233. Retrieved from https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4592/4376.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79. Doi https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Irawanti, A. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X-2 Sma Pgri 1 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/9758/1.haspreviewThumbnailVersion/A310060230.pdf.

Lubis, Y. (2013). Pengaruh penggunaan teknik discussion starter story (cerita pemula diskusi) terhadap kemampuan menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 2 model Medan Tahun pembelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15140.

Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). Efektivitas metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai media Mind Mapping terhadap prestasi belajar Siswa pada materi pokok Sistem Koloid di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 113-119. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/viewFile/5180/3656.

Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran Project-Based Learning untuk membekali foundational knowledge dan meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34-43. Doi https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183. Doi http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). Doi http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950.

Priyono, W. Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)(0). Retrieved from https://guraru.org/guru-berbagi/pengertian-pembelajaran-berbasis-proyek-project-based-learning/.

Romadhon, S. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi dan Nonfiksi (Vol. 105). Duta Media Publishing.

Suherman, E. (2007). Hakikat pembelajaran. EDUCARE. 4(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/download/44/44/.

Supriyadi, S., Reniwati, R., & Yuliawan, T. (2016). Kemampuan berbicara siswa dalam menanggapi cara pembacaan Cerpen Kelas VIIA dan VIIB SMPN 19 Muara Fajar Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 7(13), 22-35. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/download/267/417.

Susanti, E. D. (2019). Project based learning: pemanfaatan vlog dalam pembelajaran Sejarah untuk generasi pro gadget. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 84-96. Doi http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/7571.

Tarigan, B. (2018). Pengaruh model Generatif terhadap kemampuan menulis Cerpen oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Satu Atap Halaban Tahun pembelajaran 2018/2019. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1434.

Titu, M. A. (2015). Penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas Siswa pada materi konsep masalah Ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/21708/1/18%20Maria%20Anita%20Titu.pdf.

Wulandari, A., & Sinaga, A. (2016). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Cerpen dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Terbitan Erlangga Tahun 2013. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2). Doi https://doi.org/10.22437/pena.v6i1.4755.

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika pembelajaran menulis Cerpen di Sekolah Menengah Tujuan SM3T. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. Doi https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.

Yusuf, Y., Ibrahim, R., & Iskandar, D. (2017). Keterampilan Menulis: Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Syiah Kuala University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.